Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Hitungan Honorer

Satu setengah bulan yang lalu kembali menjadi honorer dengan niatan membantu perekonomian keluarga di tengah pandemi. Berapapun duitnya saya terima untuk meringankan risakan ekonomi akibat pandemi ini.

Menjadi pekerja ada beberapa titik kehidupan, mulai dari titik ngenes, seneng, datar dan bosan. Aku pun begitu, terlebih saat menemukan fakta penghasilan dan juga tuntutan hidup yang selalu melibatkan ekonomi. Hari ini saya menulis untuk diri saya sendiri dan sebagai cerita bagiamana kehidupan pekerjaan seorang honorer. 

Kukus sebagai ahli madya dalam bidang keperawatan dengan segala nominal tercurah dan predikat yang baik, semua itu katanya mempunyai nilai jual yang baik. Saya yakini demikian di suatu sudut lain, namun sayang di sudut ini kami kalah dan menjadi golongan yang nasibnya mengerikan. Biar tidak disangka ngadi-ngadi mari kita hitung seperti apa keringat yang keluar dan uang yang diterima.

Ini adalah hitungan saya yang berdomisili dengan rumah keluarga, tak jauh dari tempat kerja sekitar dua sampai tiga kilometer. Job list saya sebagai honorer di puskesmas dengan tambahan BLUD sebagai berikut: menerima pasien gawat darurat; mempersiapkan tempat tidur, mengerjakan tindakan medis, membersihkan peralatan medis, membuat laporan, membuat kassa dan sejumlah pekerjaan yang tak terlihat. Okeh sekarang masuk ke jam kerja, di sini terdapat tiga sesi kerja (shift): pagi, sore dan malam. Ketiganya jika dijabarkan menjadi pagi dan sore masuk ke dalam delapan jam kerja, sementara shift malam adalah jam paling panjang yakni dua belas jam. 

Kita sekarang masuk ke dalam hitungan uang, setengah bulan yang lalu saya mendapatkan amplop putih sebagai isi gaji dari sebulan yang lalu. Isi dari amplop sejumlah Rp 600.000 tanpa tambahan lainnya. Kita hitung jumlah hari sebulan dan bagikan dengan jumlah uang yang diperoleh: 600.000 : 30 = 20.000. Jadi jika dihitung harian maka gaji honorer seperti saya mendapatkan penghasilan Rp 20.000 perhari. Di puskesmas tidak ada uang transportasi, uang tunjangan hari tua ataupun uang untuk asuransi kesehatan. Jika ingin mendapatkan uang lebih bisa ikut program kesehatan yang lain di luar jadwal kerja seperti menjadi surveilans, merekap data-data pasien dan yang lainnya.

Oooo inilah kehidupan nyata yang mesti dinikmati entah dengan bersyukur, kecewa, atupun dengan hal lainnya yang bisa dicurahkan. Ada keuntungan lain yang sangat terlihat, jika anda menjadi honorer: seragam sebagai sebuah kehormatan, akses kesehatan yang mudah, relasi ke pejabat ataupun tokoh masyarakat, dan kemudahan urusan birokrasi. 

Bagaimana dengan makan? Di puskesmas tidak ada uang makan, tapi ada jatah makan untuk yang masuk sore dan malam berupa mie instan dan kental manis satu sachet. Di sini saya merasa beruntung sekaligus malu karena selalu ditraktir ibu haji, dia selalu mengajak saya makan baik makanan yang dari rumah maupun dia beli sendiri.

Aku sendiri curiga dengan teman honorer lainnya yang tidak punya usaha lainnya, tapi hidup glamor. Padahal jika dilihat penghasilan selama menjadi honorer itu kecil sekali, bahkan untuk membeli bensin juga mikir dua kali. Saya berharap bahwa pekerjaan ini membawa sebuah ketenangan jiwa, semoga. Dan jika suatu hari ada kesempatan untuk keluar kembali dan mendapatkan pekerjaan yang layak secara penghasilan.

Pernah berpikir kembali untuk menjadi pengangguran (petani) saja, kenapa bisa? Dilihat dari penghasilan honorer lebih rendah daripada buruh serabutan yang biasanya mendapatkan Rp 50.000 perhari. Wajar di sini para buruh lebih sejahtera secara ekonomi ataupun kecukupan keuangan daripada honorer yang kadang mencari uang lain baik dengan cara berdagang, korupsi, hutang, atau nyambi usaha lainnya. Boleh dikata honorer sebagai jembatan 'kehormatan' karena seragam yang dipakai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d