Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2018

Garingan Pejuh

Gambar
Hahahaha..... hahahaha..... Artikel apa gie jan! Embuhlah sing penting gie pengalamanku sing paling gemblung! Ceritanè wis suwe banget aku ra nagggo klambi v-neck warna coklat kebiruan. Pas dienggo gue koh ana warna putih-putih garing kaya keraksekang umbel! Duh apa ya umbel apa iya umbel wong aku setahun kadang ra kena flu atawa watuk. Sih apa ya?! 

Mikir suwe!! Siki kelangan yen kerak gue anu pejuh sing wis garing kur ora kesikat (maklum gumbaihè kur dikum tok). Memang sih pas nganggo klambi gue wengi-wengi lagi pengin banget 'nguyuh susu' ya wis dikocok terus langsung metu. Nah ternyata metunè akeh (soalè sewulan ora metu) hahaha hahahaha..... Nyembur sampe meng rai-rai sekalian bae klambi go lap tapi emang nang klambi anu kena maning. Dadi ora kur nang pinggir kerah tok pejuh garing gue ana tapi nang njero klambi juga ana hahahaha..... Hahaha.....
Sing dadi pengemut wae nek tes ngocok yo sing inget nek dilapna meng klambi kudu disikat sing bersih. Aja kaya Aku ya hahahaha .…

Istilah-istilah Suluh Go Pawon

Gambar
Klari yague blarak/godong klapa sing wis garing, biasanè go nyambungna geni kang rek meng kayu atawa go ngedekna/ndadikna geni nek arep ngenenni atawa arep mbakar.
Cumplung yague bahan go genen sekang  klapa sing esih enom mbanget tapi wis garing kerna dipepe atawa dijorna tok men garing.
Blukang yague lanjeran kayu sekang plapah klapa, biasanè disigar dadi 2-4 bagian. Disebut blukang ora kur sing esih teles tok tapi sing wis garing.
Mancung yague bagian kuncupmayang klapa sing bentukè kaya prau. Biasanè didadikna kayu go genen.
Tepes yague serabutsekang klapa atawa bisa disebut uga kulit njaba klapa.
Batok yague kulit klapa sing paling njero, atos warnanè ireng nek wis tua klapanè nek sing enom biasanè putih gading. Batok biasanè go genen uga, unggulè genen karo batok geninè nyembur kaya nagggo gas.
Awu yague khasil bakaran sekang kayu. Bamba yague bara geni sing melob-melob nang areng atawa kayu sing dibakar.

Dumblengan Dolanan Bocah Mbien

Gambar
Sapa wongè sing ra pernah ngalami masa bocah? Pasti sakabeh wong ngalami yah kecuali bocah sing wis ninggal rung keburu dolan karo bocah liannè. Enyong dewek wis marem dolanan mbien agi cilik, syukur alhamdulillah jaman pas lagi aku cilik rung akeh tipi karo dolanan kang elektronik liannè.

Dumblengan yague sejenis dolanan nagggo alat atawa barang (gendeng pecah) karo balangan/alat untuk mengacaukan susunan genteng yang sudah ditata misalè bal kasti atawa watu atawa kayu.
Alatè
1. Pecahan gendeng 10-12 wiji
2. Bal kasti atawa kayu
Caranè
1. Minimal sing dolanan 5 wong nek ora ana wong semeno ya ra rame.
2. Sakabeh sing arep dolanan dimulai kang sutilah sutijreng, sapa sing kalah yague sing masang.
3. Go sing masang, numpuk pecahan gendeng terus digaris bunder, tumpukan pecahan gendeng gue disogna nang tengah-tengah bunderan.
4. Go sing menang, mimiti dolanan sakabeh pesertasing menang ulih mbalang watu atawa back kasti maring tumpukan pecahan gendeng sing nang bunderan. Jarak mbalang …

Menyelami Kearifan Lokal Kampung Kuta

Gambar
Sudah lama saya menginginkan untuk berkunjung ke kampung adat Kuta di ex kecamatan Rancah. Orang mungkin mengira bahwa kampung adat Kuta berada di Bali, ya ini karena kesamaan nama. Kampung adat Kuta mempunyai kearifan lokal masyarakat adat Sunda yang selalu menjalankan amanah dan budaya leluhur Sunda, sangat wajar bila di Ciamis terdapat kampung yang masih menjaga adat budaya leluhur Sunda karena sejarah panjang kerajaan Sunda terjadi di wilayah Ciamis dewasa ini. Misalnya saja kerjaan Sunda termashur kala itu yakni kerajaan Galuh yang mempunyai wilayah kekuasaan yang cukup luas, Ibukota kerjaan Galuh sendiri terletak di Kawali dan banyak sekali situs sejarah Sunda yang ditemukan di wilayah kabupaten Ciamis yang paling utama yakni Ciungwanara.
Kampung adat Kuta sendiri berada di desa Karangpaningal, kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Tepat berada di utara Kota Banjar dan sebelah barat kabupaten Cilacap. Kampung adat Kuta ini berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah ditan…

Nyanyian Kudus Dari Langgar Desa

Gambar
Dibesarkan di desa tidak mungkin melupakan aroma dan suasana khas desa, kekhasan tersebut selalu tersimpan dalam otak dan hati para penduduk desa baik yang sudah menetap di kota ataupun sekedar merantau ke luar negri. Selain hal tersebut tradisi agama pun tak luput dari ingatan. Ya desa membawa keindahan tersendiri!
Kidung Nirwana
Magrib atau petang hari di mana aktivitas keagamaan paling utama di desa. Hampir semua jemaat melakukan aktivitas keagamaan bersama-sama di surau/langgar maupun masjid terdekat. Panggilan kudus dari rumah Tuhan mengawali aktivitas tersebut, berbagai suara khas muncul di pengeras suara yang terpasang di setiap langgar maupun masjid, gemuruh bersahutan bak kokok ayam pagi hari.
Terlepas panggilan kudus itu tak serta merta suara redup tenggelam oleh kegelapan petang hari namun kidung-kidung nirwana bersuara menyayikan pujian terhadap sang Kudus, junjungan alam, budi pekerti maupun sejarah akan tanah gersang di barat jauh. Berbagai lagam berseruak sesuai dengan …

Speaker Mini Portable Philips Pixel Pop

Gambar
Medio tahun 2017 lalu saya mengeluarkan banyak sekali duit untuk hal-hal yang bersifat hiburan, mulai dari hammock, mini bagpack, eco bags dan barang-barang lainnya. Tentunya semua tidak semurah yang dibayangkan dalam kantong saya sendiri. Untuk harga eco bag saya mengambil kocek IDR 80.000 padahal hanya tas selempang saja untuk menganti tas plastik. Ya begitulah kekurangan saya dalam hal belanja. Belanja buta!

Kemudahan berbelanja membuat saya girang, hanya dalam genggaman dan gerakan jari saja pesanan atau belanja berlangsung dengan instan! Gaya hidup baru yang sudah dimulai tahun 2012 lalu. Semua ini sejak adanya sambungan internet dan adanya market place, terlebih lagi sekarang semua toko online tersebut sering beriklan tentu saja semakin menjadi sebuah gaya hidup. Mengenai belanja online, ada cerita unik dan konyol misalnya saja untuk kasus saya saat 2013 lalu yakni membeli barang yang harganya lebih mahal ongkos kirimnya. Lucu dan gebleg!
Baiklah, kita tinggalkan mukodimah yang…

Perawatan Dan Keselamatan Dalam Bersepeda

Gambar
Pemeliharaan Dan Perawatan
Pengecekan secara rutin pada sepeda baru dapatel menghasilkan:
1. Sepeda berjalan halus, lancar dan nyaman.
2. Komponen sepeda menjadi awet.
3. Mereduksi biaya perbaikan. Berikut cara perawatan untuk pemeliharaan sepeda:
1. Rantai disemprot ataupun disikat dengan oli khusus rantai (chain lube) dalam waktu 2-4 kali seminggu.
2. Roda derailleur, sikat atau semprot dengan pelumas biasa setiap 4 minggu.
3. Derailleur, semprot 1-2 bulan sekali dengan pelumas biasa.
4. Kaipler Rem, semprot sebulan 1-2 kali saja dengan pelumas biasa.
5. Tuas rem, semprot sebulan 1-2 kali saja dengan pelumas biasa.
6. Shifter, semprot paling tidak 2-4 bulan dengan pelumas biasa.
7. Hub, olesi dengan pelumas jenis grease.
8. B Bracket, olesi dengan pelumas jenis grease 4-6 bulan sekali.
9. Pedal, olesi dengan pelumas grease 3-6 sekali.
10. Freewheel, olesi 2-4 bulan sekali dengan pelumas grease.
11. Kabel Rem, selalu olesi 2-4 sekali dengan oli biasa.
12. Kabel derailleur, olesi 2-4…

Metamorposa MI Sampai Kuliah

Gambar

Album Emas Keluarga Santa

Gambar

Album Emas Keluarga Kurdi

Gambar

Kenangan Kereta Lokal Banjar - Kroya

Gambar
Ajajajan.....ajajajan.... ajajajan....tuut...tuut....
Sepur kruduk.....sepur kruduk....
Dahulu kala!
Untaian pengawal cerita yang sangat klasik dan melegenda. Ya harus diakui kalimat ini begitu sakti untuk menyihir setiap pendengarnya. Yuk mari baca sejarah atau pengalaman saya menggunakan kereta lokal yang konon mati/dihentikan karena ulah masyarakat yang enggan membayar tiket atau bayar tiket tapi di atas gerbong!!! Baiklah kita mulai saja ya!
Menurut literasi yang ada di internet kereta lokal yang menghubungkan Banjar dengan Kroya sudah lama sekali beroperasi dan berakhir pada tahun 2000. Kenapa berakhir? Bukannya saat itu selalu penuh penumpang? Kerugian ini terbilang miris karena banyak penumpang yang tidak membeli karcis maupun membeli/membayar langsung ke petugas di atas gerbong, kita tidak tahu apakah petugas menyerahkan segenggam uang yang didapat di atas gerbong atau tidak. Yang pasti kerugian itu karena income yang turun! 
Bencong Pedagang Pengamen Copet
Apa yang saya rasaka…