Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Berbagi Jambu Air

Ada ayat dari kitab suci berkata "membahagiakan diri sendiri dengan membahagiakan orang lain" ya memang betul kalimat tersebut ada kebahagiaan yang liar bisa dengan membahagiakan orang lain tentu saja berbeda dengan membahagiakan diri sendiri yang hanya dirasakan oleh diri sendiri yang kadang hambar tanpa adanya kebahagiaan murni yang bermanfaat bagi orang lain. Hal sekecil apapun dihitung sebagai ibadah dan pahala dalam agama Islam. Ya semua ajaran yang indah untuk manusia di bumi maka dari itu saya yang memang bodoh akan semua akan kebaikan ingin memulai dari yang terkecil walaupun pahala itu susah dilihat oleh mata ataupun microscope. Ah sudahlah rasanya saya seperti Rabbi ataupun Kiyai yang sedang mengajak jemaatnya untuk berbuat baik hahaha, tapi ga salah juga ya sesama manusia paling tidak bisa berbagi soal kebaikan. Soal kebaikan kecil ini mungkin bermanfaat bagi diri sendiri dan negara. Kok bisa sampai negara?  Tentunya bisa. Mari saya pamer sedikit soal kebaikan kecil ini (luntur semua pahala).

Ahad pagi selepas dinas malam di unit keprawatan Puskesmas Pamarican saya putuskan untuk mencuci stress saya di air laut selatan yang asin nan segar oleh belaian angin Hindia. Rasa lelah karena kerja keras melayani pasien hilang dengan semangat untuk berjemur dan berendam di birunya air laut. Tanpa perbekalan yang banyak yang  hanya bisa merepotkan satu orang dan bisa membuat orang terpana karena banyak perbekal dimulai dari set alat photographi beserta tripod yang sebesar gedebok pisang, karpet yoga, baju ganti, handuk, satu liter air mineral dan satu pack nasi beserta lauk pauk khas orang miskin yang saya derita sejak dulu. Tadi tak apakah karena ini semua buat saya sendiri bukan menjadi kuli orang lain!

Pantai pasir putih Pangandaran
Berangkat jam 8 pagi dari rumah tanpa pamit ke orang - orang tercinta tak membuat gentar akan ancaman pamali ataupun tidak ada restu maka celaka!  Ya Tuhan yang punya jadi ga usah khawatir, begitulah hati busuk dan otak saya bicara. Saya lebih sering plesiran sendiri ketimbang dengan orang lain karena kadang membuat pusing, emosi dan aneka rasa lainnya.  Jadilah saya solo traveller sebut orang bule. Kecepatan yang cukup cepat dengan perhitungan keselamatan dalam berkendara, Saya tancap di kecepatan 60-80km/jam. Sampai di Kalipucang saya tertarik dengan penduduk lokal yang sedang panen buah jambu air. Saya pikir beli langsung ke petani langsung lebih murah daripada beli di toko buah yang harganya naik 30-50%!  Dengan duit rupiah nominal 3000 saya serahkan ke petani jambu dan dapatlah satu kresek sedang jambu air kebayangkan segernya jambu air kalau dimakan di pinggir pantai dengan buah buahan lainnya.  Mutlak inspirasi dari film - film barat yang senang berjemur dengan suguhan buah tropis. Walaupun tururut munding ini hal yang menyenangkan dan luar bisa buat kesegaran badan!

Masuk ke pantai Pangandaran tanpa melalui pintu resmi adalah kebiasaan saya untuk irit biaya. Ya maklum orang miskin pengin plesiran. Mohon maaf saya untuk dinas pariwisata yang tidak membayar retribusi selama masuk pantai Pangandaran.  Walaupun saya tidak membayar uang masuk saya tetap membayar uang masuk ke kawasan cagar alamnya dengan harga yang lumayan mahal Rp 15.000.  Ancaman demi ancaman dari monyet - monyet durhaka, saya lalui dengan mulus berkat otak saya yang tidak seperti monyet - monyet itu! Jambu air, satu set perbekalan makanan dan air mineral saya simpan dengan rapih tanpa mengeluarkan bau ataupun hal yang mengundang si monyet jahanam itu merebut dari tangan saya. Keindahan dan atraksi monyet jahanam itu saya nikmati ala surga yang dijanjikan Tuhan kepada umatnya. Suatu keindahan yang langka melihat monyet berenang di pinggir laut, monyet bercinta dengan sifat hewanya yang brutal,  monyet menyelam dan atraksi lucu lainnya. Baiklah mukhadimah terlalu panjang ini harus saya akhiri.
Jambu air siap dipanen

Sampai di pantai pasir putih saya gelar karpet yoga untuk menikmati belaian seksi dari Hindia yang menawan.  Menit demi menit terlewati dan membuat suatu kejadian yang membuat saya terancam oleh terror si monyet jahanam itu. Kawanan monyet jahanam itu datang kembali dengan anggotanya yang 16 ekor menyerang barang - barang milik para turis, termasuk punyaku.  Nasi dalam bungkus plastik dirampas dengan kejam oleh si monyet jahanam. Dengan hati tabah saya menerimanya karena saya sebagai manusia juga takut akan serangan monyet jahanam itu. Semua turis luar negri terpana dan merasa iba karena bekal saya dijambret monyet. Tapi biarlah ini rejeki si monyet jahanam.  Yang penting wadah plastik itu dibalikin lagi sehabis makan.  Ingat itu wadah punya emak saya kalau ilang saya bisa dihukum pancung. 

Akhirnya dengan otak sedikit pintar si monyet jahanam itu mengembalikan wadah plastik saya. Syukurlah saya tidak terancam hukuman pancung sama emak.  Perasaan was - was masih ada karena satu kresek sedang jambu air yang saya beli masih utuh. Hmmm bagaimana caranya biar aman dari mahluk itu.  Akhirnya saya membagikan semua jambu ke wisatawan bule di sana.  Jelas si bule sangat senang apalagi bagi si bule yang pertama makan jambu rasanya luar biasa sekali tutur mereka.
Jambu air ini yang membuat saya betah ngobrol ngalor ngidul dengan tiga orang Belanda yang sedang menikmati suguhan alam negri bekas jajahanya. Ya menjalin persahabatan dan persaudaran itu memang gampang sekali sekalipun kulit mereka berbeda, agama berbeda dan hal yang berbeda lainnya akan sama pada ketulusan hati dan hakekat kebaikan.  Tidak ada orang di dunia ini yang tidak suka akan kebaikan kecuali dia kesurupan setan dari jahanam.

sedikit pose diri
Satu rombongan bule campuran negara Eropa menjadi tetangga saya saat berjemur. Sisa jambu masih ada sekitar 10 biji dan saya kasih kembali San mereka pun sangat senang.  Tidak ada rasa curiga diracuni ataupun suruh bayar saat saya dekati dan saya kasih jambu air itu. Mereka senang apalagi saya tentunya merasa lebih senang sesuai ayat di atas yang menyebutkan kebahagiaan itu muncul saat membahagiakan orang lain. Obrolan ngalor - ngidul berjalan mulus dan lembut seperti saudara yang lama tidak bertemu. Sampai saya hitam dan langit pun menjadi hitam karena terlalu banyak menyedot air di lautan dan harus dijatuhkan kembali ke bumi. Ya bagi saya ini adalah sesuatu yang menyenangkan walaupun tidak berarti apa - apa. Namun mungkin dampaknya luar biasa bagi saya dari segi sosial dan spiritual.  Dan negara pun punya keuntungan karena mempunyai rakyat yang baik hati sehingga turis betah dan ingin balik lagi ke Indonesia. Sebenarnya sisi manfaat lainnya masih banyak karena saya sudah menghabiskan pahala itu sebagai tumbal saya bercerita ke kalian. Bisa dikatakan ini adalah tumbal saya riya (ujub) ke kalian. Ampuni dosaku Tuhan dan mohon sisakan pahala 20-50% buat saya. Amin.

Harusnya artikel ini habis karena sudah ada kata "amin" tapi saya ingin bercerita bahwa setelah saya membagikan jambu ternyata saya mendapatkan rejeki dari nelayan yang memeberi saya 4 pack ikan asin. Ya Tuhan saya bersaksi nikmatMu luar biasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d