Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Keindahan Kawasen - Banjarsari

Minggu pagi terlalu dingin bagi kulit saya yang terlalu lembut untuk seorang lelaki desa. Dinginnya udara pagi ini memang dipengaruhi oleh perubahan iklim yang terlalu ekstrim. Suhu turun beberapa derajat jika disamakan dinginnya sama seperti dinginnya di pegunungan Pangalengan, dinginnya pun lebih menusuk ke tulang berulang. Boleh disebut ini dingin khas kemarau.

Pemandangan Di Parkiran
Tidak berhasil membangunkan aangĂ©. Susah memang membangkitkan orang untuk hidup sehat.  Empat kali dimiskol dan kirim WA tidak dibaca karena sepertinya dimatikan jaringan internetnya.  Sengaja banget. Tidak berhasil membangunkan membuat saya sedikit malas untuk bangun dan bergerak.  Ya molor setengah jam untuk olahraga.

Sedikit Pose
Tujuan olahraga kali ini sedikit membuat saya bingung karena banyaknya pilihan. Lari pagi di track jalan sawah, main sepeda ke track tapal kuda Banjar atau ke Banjarsari yang tracknya membosankan karena satu jalur. Rencana sebelumnya saya dan temen - temen orang Banjarsari Raihan dan Rifyal ke Karangkamulyan tapi ternyata batal karena Rifyal harus mengikuti pelantikan di kegiatan pramuka sekolahnya sementara Raihan mengalami cedera dan sepedanya rusak.  Oh rasanya pengen merobek hari ini.

Spontan saja saya putuskan untuk pergi ke Banjarsari dengan jarak yang tidak terlalu jauh hanya 17 Km sekali jalan.  Lumayan lah walaupun tracknya membosankan dengan jalan yang relatif datar dan lurus, hanya beberapa terdapat tikungan tajam, tanjakan yang tidak terlalu ekstrim. Alasannya lainnya sih foto - foto gedung perkantoran ataupun tempat penting untuk diunggah ke Google Map. Ya saya salah satu kontributor Google Map dengan nilai 15.000 poin posisi berada di bintang delapan dengan jumlah foto lebih dari 1400 foto dan lebih dari 2.400.000 orang yang melihat foto saya.  Sedikit sombong ya hahahaha lebih juga gak apa - apa.  Semoga bermanfaat.

Dengan kecepatan rata-rata 3-4 Km per jam mengayuh sepeda kesayangan Apang.  Akhirnya saya sampai ke Banjarsari.  Di sana lumayan bingung dengan tujuan akhirnya saya pergi ke rumah Raihan untuk sekedar basa basi dan kalau bisa sih diajak ke curug Kawasen. Dan ini terjadi!  Yeah!!!.

Bongkahan Batu Besar
Sampai di rumah Raihan saya langsung numpang isi batre telpon pintar saya. Tujuannya biar ga sia - sia saat berkunjung ke Curug Kawasen.  Tidak lucu kan kalau ke tempat indah tanpa ada foto rasanya sebuah kebohongan besar jika tidak ada foto yang diambil. Sambil isi batre saya melihat aktivitas Raihan di rumahnya seperti ngasih makan ternak ayam pelung yang keren, ikan hias yang keren, tanaman polybag dan kucing ras campuran yang galak. Menarik juga ya berkebun dan beternak rasanya ingin punya kebun dan ternak juga tapi apa, saya berternak domba tapi selalu diserang kutu domba yang membuat kulitnya seperti kena jamur.  Stres saya.

Panjat Tebing
Setengah jam berlalu dan batre telpon pintar saya terisi 55%,  lumayanlah untuk merekam keindahan dengan format video maupun foto. Sebelumnya kami berniat ke lokasi dengan menggunakan sepeda tapi apa daya sepeda Raihan tidak ada pedalnya jadi kami menggunakan sepeda motor miliknya.  Perjalanan dari rumah Raihan ke lokasi memerlukan waktu 20-30 menit. Jalan termasuk mulus sampai ke kaki bukit, jalan mulai rusak saat memasuki kaki bukit di pemukiman terakhir di wilayah sekitar curug. Jalan berbatu dan licin membuat Raihan harus hati-hati dan karena terlalu licin akhirnya saya turun dari motor. 

Motor diparkir tidak terlalu jauh dari curug.  Suasana segar dengan nyanyian alam yang menenangkan jiwa mengalun bagai simpony yang indah.  Suara burung hutan bersautan seakan menyambut saya dan Raihan. Air nan bening beriak mengeluarkan suaranya yang jernih dan menggoda saya untuk segera telanjang dan bercumbu dengannya.  Awal yang indah dengan hidangan pemandangan alam yang luar biasa, air jernih, suara burung hutan yang indah dan keheningan yang mendamaikan.

Serodotan Curug
Air terjun ini terletak di aliran sungai pegunungan yang berbatu besar sehingga menciptakan sebuah aliran seperti sebuah air terjun. Air kristal mengalir menyegarkan bagi sesiapa yang menyentuhnya.  Tidak nampak sampah plastik yang berserakan di sana hanya sampah daun saja dan kayu. Di sini kami menyelusuri sungai sampai ke ujung atas sana.



Dari curug awal kami menyusuri sungai dari batu ke batu sampai menemukan dua buah curug. Agak unik dua curug ini, satu curug berada di pinggir aliran sungai dan satu lagi di pinggir sungai.  Curug dinding sungai lebih menarik karena diselimuti oleh banyak akar pohon.  Melanjutkan eksporasi lebih ke atas kami menemukan begitu banyak curug yang indah. 

Ayunan Beringin
Sepanjang kami menemukan curug yang lumayan tinggi dengan bentuk seperti prosotan. Unik sekali!! Berlanjut dengan curug dengan tebing yang lumayan tinggi. Selepas itu terdapat pohon beringin yang mempunyai akar yang bisa dibuat ayunan.  Saya mencoba untuk menyenangkan hati saya dalam ayunan alam itu. Dan sampai terakhir di curug dengan tebing seperti spons karang.  Lumayan buat naik tebing.  Perjalanan ini kami akhiri di batu yang sangat besar. Kami akhiri eksplorasi ini karena perut kami lapar. Tidak ada perbekalan sama sekali. Parah!!!

Mandi Di Curug Akar
Di perjalanan pulang dan di curug terakhir kami bergabung dengan pengunjung lainnya yang berjumlah 4 orang yang sedang berenang.  Saya pun ikut berenang dan mencoba untuk terjun dari ketinggian 8/9 meter.  Kupikir dalam ternyata tidak dan kaki saya sampe mentok ke tanah.  Untungnya masih ada air jadi  tekanan tidak terlalu kuat.  Alhamdulillah masih diberi keselamatan.

Puas dengan semua saya putuskan untuk pulang karena hari sudah menunjukkan ganasnya sinar matahari di siang hari.  Lapar melanda saya yang hanya berbekal 7000 rupiah akhirnya membeli cilok kuah di warung Raihan.  Pulang selepas makan. Capek!
Pose Selepas Terjun 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d