Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

"Pulang" Membaca Karangan Tere Liye

Novel Pulang - Tere Liye

Inilah pertama kali saya membaca karya penulis dengan ragam kontroversial yang dibuatnya pada zaman modern ini. Tentu saja suara dari luar sangat kuat sehingga untuk membaca karyanya sedikit sungkan, apalagi membeli karyanya di toko buku. Sungkan...sungkan dan sungkan, ya angin dari luar begitu kuat walaupun kita tidak tahu sebenarnya sang penulis dan tidak tahu pesan-pesan apa yang disisipkan dalam buku karyanya.

Bisa jadi ini adalah suatu anugrah yang cukup dibilang ambigu, saya yang terbawa angin kebencian pada penulis tersebut menemukan sebuah buku karangannya di kontrakan sepupuku. Anda sekalian tahulah betapa cintanya aku pada membaca, jadi apapun aku baca. Nah sekarang giliran karya milik Tere Liye yang dikenal cukup kontroversial, sejatinya agak malas untuk membacanya, eh ada seberkas sinar yang mendorong untuk membaca buku karyanya. Berhubung buku sudah dibaca sepupu akhirnya saya pinjam bukunya dengan masa kembali yang tidak ditentukan, maklum saja kami berbeda kota.

Menurut buku pakem sastra ataupun kebahasaan nilai sebuah novel bukan ditentukan oleh faktor intrinsik saja melainkan faktor ekstrinsik yang terdiri dari nama baik atau latar belakang sang penulis. Nah maka dari itu banyak kawan-kawan yang kurang merekomendasikan karya-karya beliau tentunya dengan berbagai jenis alasan. Karena angin kebencian cukup kuat hingga saya belum pernah membaca satupun karyanya, kecuali menonton karya yang difilmkan "Catatan Solat Delisa" lewat sebuah ajakan teman yang super relijius.

Buku yang akan saya ulas ini berjudul "Pulang" yang merupakan cetakan ke 16. Perlu diingat kembali bahwa Tere Liye merupakan penulis produktif di Indonesia dan karya-karya banyak yang sudah tertempel tulisan "penjualan terbaik" alias Best Seller. Walaupun dengan penjualan terbaik, karya-karya beliau mempunyai segmen pembaca yang berbeda dari penulis Indonesia lainnya seperti Dee Lestari, Andrea Hirata ataupun penulis Indonesia lainnya.

Walaupun dengan banyaknya kontroversi, Saya mencoba menyelami apa yang beliau tulis, mudah-mudahan menemukan segumpal ambergris di sana. Kita sadari bahwa seorang tokoh ataupun individu tidak akan lepas dari berbagai kontroversi yang dibuatnya baik pada tokoh besar dunia maupun kalangan proletar di sisi lain bumi. Semua mempunyai sisi lain yang bisa dilihat sebagai titik hitam.

Judul Buku: Pulang
Penulis : Tere Liye (Darwis)
ISBN : 9786020822129
Penerbit : Penerbit Republika
Penyelaras Kata : Triana Rahmawati
Desain Jilid : Resoluzy
Lay Out : Alfian
Tanggal Terbit : Maret 2016 (cetakan XVI)
Harga : X
Tebal : 400 halaman; 13,5X20,5 cm

Novel ini beralur loncat-loncat dari cerita masa kini yang dialami tokoh utama, alur masa lalu baik yang dialami tokoh utama dan tokoh pendukung. Dari bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami, namun sayang semua kata yang dicetak miring baik dari istilah bahasa Inggris dan bahasa daerah tidak ada catatan kaki. Sehingga pembaca harus membuka kamus terlebih dahulu, wong gak ada catatan kakinya. Ada keganjalan yang cukup menarik bagiku di sini, ya walaupun novel ini fiksi tapi fiksi juga seharusnya gak sembarangan. Pada halaman 13 menceritakan bahwa jarak rumahnya dengan kota kecamatan berjarak ratusan kilometers, hal ini lah yang membuat saya bertanya-tanya jarak kota kecamatan dengan desanya kok jauh amat ya.

Selanjutnya mengenai ukuran babi hutan yang besar sapi, sepertinya hal yang cukup mustahil walaupun akhir-akhir ini di Daratan Tiongkok sedang dikembangkan babi ternak yang bisa mencapai bobot sebesar anakan sapi. Tapi tunggu dulu kira-kira anakan sapi umur berapa ya?! Ada yang cukup aneh juga di mana sang tokoh utama akan mendarat di Bandara Singapura, saat sebelum mendarat tokoh utama menelpon rekannya (hal.72). Walaupun menggunakan pesawat pribadi tentunya harus memperhatikan faktor keselamatan, lagi-lagi ini cerita fiski jadi ya sudahlah ya. Dalam novel ini saya merasa jenuh akan prestasi-prestasi dari sang tokoh utama, prestasi-prestasi tersebut membuatku sedikit mual karena perkembangan sangat spektakuler.

Cerita ini berawal dari kehidupan Bujang seorang anak berumur 15 tahun yang hidup di suatu desa terpencil, Bujang diangkat menjadi anak oleh seorang ketua Klan Mafia terkuat di Ibukota. Kehidupan Bujang berubah langsung 180° dengan kepintaran alami yang dimiliki, berbagai kursus diikuti atas perintah sang ayah angkat.

Bujang dengan berbagai kemampuan yang baik pada ilmu bela diri dan ilmu akademik menjadi andalan dan kebanggaan oleh sang ayah angkat, Tauke Besar. Perjalanan dirinya dalam klan mafia berjalan begitu terjal, percikan darah atau taruhan nyawa adalah yang biasa bagi dirinya. Jalan menjadi mafia ternyata dinikmati sekali oleh Bujang, mungkin karena jalur dari kakeknya yang sudah mendarahdaging sebagai kaum jawara. Beberapa pertempuran sengit antar klan mafia dia jalani, mulai dari peristiwa pertarungan dengan Klan Mafia Vietnam, Klan Mafia Hongkong, hingga pertarungan penghianatan yang dilakukan oleh Bashir.

Pada akhir cerita Bujang memenangkan pertarungan penghianatan yang dilakukan oleh Bashir dengan dukungan dari klan mafia Vietnam. Saat krisis dalam pertarungan sengit itu dia masuk ke lorong yang membawanya ke depan rumah paman-nya. 

Keseluruhan cerita sedikit menarik dan cukup membosankan terlebih gaya bahasa yang boleh dibilang "mendayu-dayu". Aku pikir isi cerita akan semenarik judulnya, ternyata kata "Pulang" hanya terdapat dalam satu lembar epilog di akhir cerita. Sedikit mengecewakan sebenarnya, terlebih komentar-komentar dari pembaca yang dicetak pada belakang jilid "Membaca novel-novel Tere Liye seperti pulang ke rumah. Berapa jauh pun kaki melangkah, selalu ingin kembali". Bagiku komentar tersebut tidak mencerminkan hasil dari membaca novel "Pulang", kenapa? Novel pulang ini hanya membahas kepulangan sang tokoh untuk menemui pusara kedua orang tuanya hanya di epilog yang satu lembar itu, bukan pada dua atau empat bab. 

Ekspetasi pertamaku saat membaca judul jalan cerita dari sang tokoh utama:1. Direkrut menjadi keluarga mafia; 2. Sukses dalam karir tukang pukul dan otak keluarga mafia; 3. Konflik dan kejadian yang membuat dia ingin pulang ke rumah (kembali ke kehidupan yang lurus). 4 Pulang dan beradaptasi pada kehidupan kampung yang telah ditinggalnya dan yang lainnya.

Demikian ulasan dari saya, tentu saja semua berdasarkan cermatan dan hasil penilaian pribadi yang subjektif. Sanggahan ataupun kritikan selalu ditampung.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d