Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Anjuran Makan Untuk Anak Sehat Maupun Sakit

Perubahan zaman memang tidak dapat dielakkan oleh setiap manusia di bumi ini. Perubahan ini tentunya berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang, salah satunya yang berdampak adalah masalah makanan. Banyak penyakit yang ditimbulkan oleh makanan misalannya seperti penyakit kencing manis atau diabetes,  serangan jantung dan penyakit lainnya ditimbulkan oleh gaya hidup yang buruk.

Masih ingat dengan Arya?? seorang anak dari Karawang yang mempunyai bobot badan yang lebih dari hitungan normal. Keadaan Arya merupakan suatu masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan karena kegemukan ekstrim membuat resiko - resiko kesehatan terhadap anak tersebut.

Dengan ilmu yang saya dapat dari kampus lima tahun yang lalu, saya ingin berbagai ilmu sedikit kepada Anda semua. Semoga bermanfaat!

Untuk bayi umur sampai enam bulan yang sehat maupun sakit baiknya diberikan air susu ibu (ASI) sesuai keinginan anak, paling sedikit delapan kali sehari, pagi, siang maupun malam. Keinginan bayi untuk menyusu ke ibunya adalah suatu insting dalam mendapatkan makanan. Biasanya bayi akan menangis saat dia merasa lapar. Jangan berikan makanan atau minuman lain selain air susu ibu karena air susu ibu adalah makanan terbaik bagi bayi. Semua kebutuhan gizi bayi sudah terpenuhi oleh air susu ibu. Ingat bahwa makanan lain selain ASI akan memperberat kerja sistem pencernaan bayi Anda. Bayi Anda tentunya belum siap menerima makanan yang terlalu kasar untuk dimakan. Jika air susu tidak keluar konsultasilah ke dokter untuk mendapatkan jalan terbaik untuk bayi Anda.

Bagi yang berumur enam sampai sembilan bulan teruskan pemberian ASI dan berikan makanan pendamping ASI seperti bubur susu, pisang, pelayanan lumat, air jeruk dan air tomat saring. Seiring pertumbuhan bayi berikan makanan pendamping ASI secara bertahap. Berikan variasi lauk dalam bubur lumat misalnya kuning telur, tempe, tahu dan lainnya. Untuk bayi dengan umur 6 bulan berikan 2X6 sendok makan,  umur 7 bulan 2-3X7 sendok makan dan umur 8 bulan 3X8 sendok makan.

Umur 9 sampai 12 bulan teruskan pemberian ASI dan pendamping ASI. Perbedaan dengan umur 6-8 bulan hanya pada porsi dan aneka makan ringan (snack) yang diberikan. Misalnya untuk 9 bulan 3x9 sendok makan,  umur 10 bulan 3x10 sendok makan dan umur 11 bulan 3x11 sendok makan. Untuk makanan selingan atau snack berikan buah, biskuit dan kue yang lunak 2 kali sehari.

Teruskan ASI untuk bayi umur 1 - 2 tahun dan berikan makanan keluarga yang secara bertahap misalannya berikan 3x1 sebanyak 1/3 porsi makanan dewasa dan beri makanan selingan 2 kali sehari.
Terakhir untuk bayi 2 tahun atau lebih berikan makanan keluarga 1/3 sampai 1/2 porsi makan orang dewasa dan beri makanan selingan 2 kali sehari.

Sebelum menyiapkan makanan dan memberi makanan pada bayi Anda cucilah tangan Anda dan tangan bayi menggunakan sabun untuk menghindari bakteri jahat yang masuk.

Makanan yang baik dan aman adalah makanan segar,  bervariasi dan tidak menggunakan penyedap rasa ataupun bumbu yang terlalu tajam. Gunakan peralatan masak dan makanan bersih dengan cara memasak yang benar. Semoga bermanfaat bagi ibu - ibu yang sudah mempunyai bayi di rumah.
Sayur asem

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Sebutan Bentuk Penis dalam Tradisi Bali

Unggahan kali ini terinspirasi dari status ataupun thread  dari seorang netizen dari dunia Twitter @Kismin666oys. Thread ini sangat menarik sekali dan isinya pun sangat jarang sekali dibahas, terlebih Indonesia negara yang agamis. Netizen ini berasal dari Bali, tahu kan Bali?! Pulau indah penuh seni, agamis dan surgawi. Selama ini saya plesiran di wilayah Indonesia hanya ada dua wilayah yang menjual dengan "pantang" kontol-kontolan alias hiasan berbentuk penis. Dua wilayah itu adalah Jogjakarta dan Bali saja, yang lainnya masih malu-malu. Dalam dunia kesehatan penis dianggap hal lumrah, namun di kalangan masyarakat awam Indonesia adalah hal tabu. Tapi tidak demikian jika kita mengorek sejarah leluhur kita, semisal saja candi Sukuh yang terkenal penggambaran betapa sucinya hubungan seksual. Pada agama leluhur yang kini masih eksis di Bali dalam beberapa kitab ada ajaran suci mengenai seksual yakni Kamasutra. Ilmu olah seksual yang diperuntukan untuk menuju kesempur

Pernah Gudikan (Scabies)

Kulit Paha Yang Terkena Gudik Pernah dapat kutukan?! Entah kutukan dari siapa juga! Kutukan paling tidak dibayangkan dengan suatu keadaan yang tidak baik terutama kulit yang menjadi rusak, bentol-bentol ataupun bernanah dan lainnya. Biasanya gambaran kutukan di sintron Indonesia seperti itu. Entah kenapa kutukan selalu menjurus ke penyakit kulit. Mungkinkah karena kulit yang langsung nampak di mata sehingga orang yang terkena "kutukan" akan dihindari orang lain?! Bisa jadi. Bagi saya dan manusia lainnya mungkin sepakat dengan apa yang saya pikirkan bahwa kulit merupakan komponen kepercayaan diri seseorang. Kepercayaan seseorang akan mundur ataupun turun ketika mendapatkan kulitnya bopeng, belang, ada jamurnya, bentol-bentol, gudikan, bekas jerawat ataupun cacar terutama di bagian muka, lengan, dan kaki yang bisa dilihat langsung oleh orang lain. Keadaan seperti itu sungguh sangat menyiksa batin! Contoh kasus beberapa hari belakang saya mendapatkan kutukan dari k