Anjuran Makan Untuk Anak Sehat Maupun Sakit

Perubahan zaman memang tidak dapat dielakkan oleh setiap manusia di bumi ini. Perubahan ini tentunya berpengaruh terhadap gaya hidup seseorang, salah satunya yang berdampak adalah masalah makanan. Banyak penyakit yang ditimbulkan oleh makanan misalannya seperti penyakit kencing manis atau diabetes,  serangan jantung dan penyakit lainnya ditimbulkan oleh gaya hidup yang buruk.

Masih ingat dengan Arya?? seorang anak dari Karawang yang mempunyai bobot badan yang lebih dari hitungan normal. Keadaan Arya merupakan suatu masalah yang tidak mudah untuk diselesaikan karena kegemukan ekstrim membuat resiko - resiko kesehatan terhadap anak tersebut.

Dengan ilmu yang saya dapat dari kampus lima tahun yang lalu, saya ingin berbagai ilmu sedikit kepada Anda semua. Semoga bermanfaat!

Untuk bayi umur sampai enam bulan yang sehat maupun sakit baiknya diberikan air susu ibu (ASI) sesuai keinginan anak, paling sedikit delapan kali sehari, pagi, siang maupun malam. Keinginan bayi untuk menyusu ke ibunya adalah suatu insting dalam mendapatkan makanan. Biasanya bayi akan menangis saat dia merasa lapar. Jangan berikan makanan atau minuman lain selain air susu ibu karena air susu ibu adalah makanan terbaik bagi bayi. Semua kebutuhan gizi bayi sudah terpenuhi oleh air susu ibu. Ingat bahwa makanan lain selain ASI akan memperberat kerja sistem pencernaan bayi Anda. Bayi Anda tentunya belum siap menerima makanan yang terlalu kasar untuk dimakan. Jika air susu tidak keluar konsultasilah ke dokter untuk mendapatkan jalan terbaik untuk bayi Anda.

Bagi yang berumur enam sampai sembilan bulan teruskan pemberian ASI dan berikan makanan pendamping ASI seperti bubur susu, pisang, pelayanan lumat, air jeruk dan air tomat saring. Seiring pertumbuhan bayi berikan makanan pendamping ASI secara bertahap. Berikan variasi lauk dalam bubur lumat misalnya kuning telur, tempe, tahu dan lainnya. Untuk bayi dengan umur 6 bulan berikan 2X6 sendok makan,  umur 7 bulan 2-3X7 sendok makan dan umur 8 bulan 3X8 sendok makan.

Umur 9 sampai 12 bulan teruskan pemberian ASI dan pendamping ASI. Perbedaan dengan umur 6-8 bulan hanya pada porsi dan aneka makan ringan (snack) yang diberikan. Misalnya untuk 9 bulan 3x9 sendok makan,  umur 10 bulan 3x10 sendok makan dan umur 11 bulan 3x11 sendok makan. Untuk makanan selingan atau snack berikan buah, biskuit dan kue yang lunak 2 kali sehari.

Teruskan ASI untuk bayi umur 1 - 2 tahun dan berikan makanan keluarga yang secara bertahap misalannya berikan 3x1 sebanyak 1/3 porsi makanan dewasa dan beri makanan selingan 2 kali sehari.
Terakhir untuk bayi 2 tahun atau lebih berikan makanan keluarga 1/3 sampai 1/2 porsi makan orang dewasa dan beri makanan selingan 2 kali sehari.

Sebelum menyiapkan makanan dan memberi makanan pada bayi Anda cucilah tangan Anda dan tangan bayi menggunakan sabun untuk menghindari bakteri jahat yang masuk.

Makanan yang baik dan aman adalah makanan segar,  bervariasi dan tidak menggunakan penyedap rasa ataupun bumbu yang terlalu tajam. Gunakan peralatan masak dan makanan bersih dengan cara memasak yang benar. Semoga bermanfaat bagi ibu - ibu yang sudah mempunyai bayi di rumah.
Sayur asem

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Serapan Bahasa Portugis dalam Bahasa Indonesia

Parfum Garuda Indonesia: Parfum Yang Mempunyai Hukum

KAWERUH BASA: Peribahasa lan Saloka Jawa #27