Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Hadiah Pertama Dari Amerika

Hadiah dari VOA yang  masih terbungkus

Walaupun tidak mengudara lewat gelombang pendek (SW) radio ini masih tetap eksis dalam dunia radio. Berbagai perubahan terjadi pada radio satu ini mulai dari penambahan dan pengurangan seksi bahasa hingga perubahan jalur siaran dari analog (SW)) keistem digital (podcast/relay). Radio ini menjadi salah satu radio terbesar di jagat alam dan mempunyai lebih dari 20 seksi bahasa. Radio ini bernama Voice of America disingkat VOA, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Radio Suara Amerika. 

Radio Suara Amerika ini berkedudukan tepat di jantung Amerika, Washington DC. Layaknya RRI, radio ini mempunyai misi khusus yakni sebagai alat propaganda Amerika Serikat. Saya sendiri sudah mendengarkan Radio Suara Amerika sejak tahun 2003 melalui gelombang pendek (SW). Beberapa hadiah pernah saya terima mulai dari kalender (link), kaset rekaman siaran hingga baju. Semua diperoleh ketika VOA masih mengudara dalam gelombang pendek. Akhir tahun 2016 mulai kembali mendengarkan VOA melalui website dan podcast di aplikasi Android. 

Pembaruan acara dan jam siar memang sedikit membuat saya kagum terutama dengan berbagai jenis acara interaktif seperti Facebook Live yang disiarakan setiap jam tujuh petang hari kamis. Siaran Facebook Live ini hanya berdurasi setengah jam saja dimulai dari jam 19:00-19:30 WIB. Segmen acaranya menarik yakni diawali dua penyiar membacakan naskah berita dilanjutkan penyapaan pendengar yang ikut menonton Facebook Live, reportase dalam bentuk video dan kuis dari reportase yang disiarakan.

Kuis Facebook Live cukup gampang sekali yakni dengan cara menjawab pertanyaan kuis dengan memilih jawaban A atau B. Setiap Facebook Live VOA memilih tiga pemenang sekaligus yang langsung dihubungi melalui pesan langsung Facebook (direct message). Saya termasuk beruntung mendapatkan hadiah kuis tersebut pada bulan Juli lalu. 

Seminggu selepas pengumuman kuis Facebook Live hadiah berupa payung cantik datang ke rumah melalui agen kurir JNE. Wah betapa senangnya! Sudah sekian lama tidak mendapatkan hadiah dari Amerika.

Hadiah ini cukup menarik dan sangat bermanfaat. Payung dengan warna hitam bertuliskan VOA masih saya simpan, belum sempat digunakan karena musim masih kemarau. Terima kasih VOA!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d