Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

QSL Card KBS World Radio - November 2019

KBS World Radio adalah salah satu radio propaganda Korea Selatan kepada masyarakat dunia khususnya negara-negara yang menggunakan bahasa Indonesia, Inggris, Vietnam, Jerman, Perancis, Korea, Jepang, Mandarin, Arab, Spanyol, dan Russia. Kesemua seksi bahasa bisa didengarkan melalui gelombang pendek, podcast, dan radio afiliasi di negara-negara tertentu.

Pada umumnya KBS menyiarkan satu jam saja untuk programa, sementara selanjutnya akan disiarkan ulang tiga sampai lima kali. Untuk siaran podcast selalu disiarkan setiap jam. Selain menyediakan konten radio KBS World Radio juga menyuguhkan konten video dalam kanal YouTube.

100th Spring Bloom of Peace

Mengenai kartu QSL KBS World Radio selalu memproduksi setiap tahun-nya. Barangkali managemen yang sudah berganti mengakibatkan fungsi kartu QSL tidak tepat guna, sekarang KBS World Radio hanya memberikan kartu QSL kepada para pemenang kuis di acara interaktif. Sementara laporan penyiar sudah tidak dibalas dengan kartu QSL lagi. Produksi kartu QSL juga sepertinya setahun sekali, berbeda pada tahun-tahun sebelumnya yang diproduksi setiap bulan sekali (12 kali produksi selama setahun).

Penggunaan kartu QSL yang tidak tepat guna ini tentunya akan sangat mengecewakan bagi para monitor gelombang pendek. Namun ada beruntungnya juga karena KBS World Radio masih memproduksi QSL tersebut. Untuk memperoleh kartu QSL juga tidak selalu gampang, sebagai contoh saat saya kembali memonitor KBS World Radio setelah vakum lima tahun, waktu itu saya rutin kirim laporan penerimaan siaran. Namun laporan penerimaan siaran itu tidak dibalas dengan kartu QSL, sementara saat saya memenangi kuis atau sayembara selalu ada kartu QSL yang tidak pernah ditulis.

Kartu Verifikasi yang tidak di-isi

Hari kemarin (26/11) mendapatkan cendramata KBS World Radio hasil dari survey kepuasan pendengar yang dilaksanakan tiga bulan sebelumnya. Beruntung saya terpilih untuk mendapatkan hadiah, tentu saja dalam sebungkus amplop kuning besar terdapat tempat kartu QSL, satu bulletin dan satu surat pernyataan menang. 

Pada gambar pertama QSL bertemakan peringatan 100 Tahun Musim Semi Perdamaian. Ada pun keterangan kartunya: "Di tahun 2019 ini, Korea menandai peringatan 100 Tahun Hari Gerakan Kemerdekaan 1 Maret. Ini juga menandai 100 tahun sejak Pemerintah Sementara Korea didirikan di pengasingan. Dalam rangka memperingati perjuangan rakyat Korea meraih kemerdekaan dari penjajahan kolonial Jepang, Korean Broadcasting System (KBS) membuat sebuah emblem dan telah menggunakannya dalam berbagai program dan acara. Di dalam emblem tersebut terdapat gambar Taeguk, simbol di tengah bendera Korea Selatan yang melambangkan Gerakan Nasional Korea melawan kolonialisme, sementara gambar ranting, bunga-bunga, dan kupu-kupu di sekitar gambar Taeguk melambangkan mekarnya perdamaian".

Kim Jong Un memasuki wilayah Korea Selatan pertama kali ditemani Presiden Moon Jae In

QSL kedua bergambar Presiden Moon Je Inn dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada keterangan kartunya: "KTT antar Korea di Rumah Perdamaian desa gencatan senjata Panmunjeom pada tanggal 27 April 2018. KTT tersebut berhasil dilaksanakan dalam kurun waktu 11 tahun dari dua pertemuan sebelumnya, KTT tahun 2000, KTT tahun 2007. Ini menjadi momen bersejarah bagi pemimpin tertinggi Korea Utara untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di wilayah Korea Selatan. "Deklarasi Panmunjeom untuk Perdamaian, kemakmuran dan Unifikasi Semenanjung Korea" yang ditandatangani oleh presiden Moon Jae In dan Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un membuat cita-cita denuklirisasi Semenanjung Korea, sehingga mendapat perhatian dari seluruh dunia".

Gelombang Korea

Dua QSL selanjutnya bertemakan layanan atau slogan KBS World Radio, kartu pertama bergambar gelombang dengan tulisan "Windows to Korea" dengan keterangan:  KBS World Radio dengan Gelombang Konten Korea "Logo baru KBS World Radio menampilkan gelombang besar, yang melambangkan penyebaran budaya Korea di seluruh dunia yang sering disebut dengan 'Gelombang Korea'. Gelombang berwarna ungu melambangkan janji kami untuk membawa berbagai program kreatif kepada para pendengar kami karena warna sering kali dikaitkan dengan kreatifitas".

20 tahun layanan internet KBS World Radio

Gambar QSL ke-dua spesial memperingati 20 tahun layanan internet KBS World Radio, gambar QSL berupa halaman telpon genggam dan laptop yang sedang membuka halaman website KBS World Radio. Berikut keterangan kartunya: "Layanan internet KBS World Radio (http://world.kbs.co.kr) telah menyambut tahun ke-20 sejak mengawali layanan-nya pada tanggal 3 November 1997 untuk lebih mengaktifkan komunikasi dengan pendengar dalam lingkungan media yang cepat berubah. Ada cara lain untuk mendengarkan KBS World Radio dimanapun Anda berada! KBS World Radio selalu di sisi Anda!".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d