Ada orang bilang "kemakan iklan", bener juga kalimat umum dari masyarakat itu. Betapa iklan memperkosa manusia untuk membeli produk tersebut. Bayangkan betapa uring-uringan orang yang tidak punya uang dan selalu melihat produk yang diidamkan di televisi, radio, internet dan yang lainnya! Sungguh sebuah pemerkosaan nyata. Nah apa hubungannya dengan judul artikel ini? Wah lumayan cukup panjang untuk menghubungkan antara iklan dan perempuan. Di sini saya berani menulis tema ini karena saya sedang membaca Seks, Gender & Reproduksi Perempuan. Judul yang menarik bukan?!
Artikel ini hanya sebagai ulasan atau rangkuman semata dengan hasil pikir setelah membaca buku tersebut.
Katanya membahas soal perempuan adalah hal yang paling ruwet. Ada yang bilang "emang dari sononya" bahkan ada yang lebih parah lagi, kira-kira kalimatnya seperti ini "memang perempuan itu tercipta sebagai penggoda dan kelas dua". Biarlah semua kalimat itu diuraikan gamblang oleh pra filsuf ataupun para feminis. Anehnya saya yang baru baca buku soal perempuan mendadak ingin menulis, kepancing juga ternyata. Dari buku yang dibaca terdapat dua masalah antara iklan dan perempuan: pertama masalah perempuan sebagai model dan dampaknya dan kedua masalah perempuan sebagai objek iklan. Mungkin ada masalah lainnya, hanya saja saya memahami masih sebatas dua nomor saja.
Kalau boleh dihitung kira-kira berapa persen iklan yang menggunakan model/bintang iklan perempuan? Seperti lebih banyak daripada laki-laki. Menggunakan model perempuan yang terlalu banyak membuat banyak problem feminisme, di sini model perempuan penjaja iklan seperti menjajakan tubuhnya sebagai objek seksual ataupun objek untuk menarik perhatian. Sementara ada hal lainnya yang diinginkan bahwa menjadi model adalah suatu prestasi harusnya tidak dipandang hanya kemolekan tubuh dan paras jelita.
Dunia kapitalisme dewasa ini membidik perempuan sebagai pasar konsumerisme, gempuran-gempuran iklan menginfeksi otak perempuan untuk menjadi manusia yang sangat konsumtif. Gempuran itu tentu saja dari iklan, produk yang melabelkan sebagai khusus atau spesial untuk perempuan. Rangkuman ini tidak memuat banyak segala hal dalam buku tersebut yang menarik, hanya saja keterbatasan otak yang selalu membatasi jari untuk mengetik.
Rujukan rangkuman
Judul Buku : Seks, Gender & Reproduksi Kekuasaan
Penulis: Dr. Irawan Abdullah
Penyunting: Ana Sumhari
Dimensi: 222 hal + XVI; 1,2 cm
Cetakan: Pertama, Maret 2001
ISBN: 979-8681-44-4
Penerbit: Adikarya IKAPI
Komentar