Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Perempuan Diperkosa Iklan

Ada orang bilang "kemakan iklan", bener juga kalimat umum dari masyarakat itu. Betapa iklan memperkosa manusia untuk membeli produk tersebut. Bayangkan betapa uring-uringan orang yang tidak punya uang dan selalu melihat produk yang diidamkan di televisi, radio, internet dan yang lainnya! Sungguh sebuah pemerkosaan nyata. Nah apa hubungannya dengan judul artikel ini? Wah lumayan cukup panjang untuk menghubungkan antara iklan dan perempuan. Di sini saya berani menulis tema ini karena saya sedang membaca  Seks, Gender & Reproduksi Perempuan. Judul yang menarik bukan?!

Artikel ini hanya sebagai ulasan atau rangkuman semata dengan hasil pikir setelah membaca buku tersebut. 

Katanya membahas soal perempuan adalah hal yang paling ruwet. Ada yang bilang "emang dari sononya" bahkan ada yang lebih parah lagi, kira-kira kalimatnya seperti ini "memang perempuan itu tercipta sebagai penggoda dan kelas dua". Biarlah semua kalimat itu diuraikan gamblang oleh pra filsuf ataupun para feminis. Anehnya saya yang baru baca buku soal perempuan mendadak ingin menulis, kepancing juga ternyata. Dari buku yang dibaca terdapat dua masalah antara iklan dan perempuan: pertama masalah perempuan sebagai model dan dampaknya dan kedua masalah perempuan sebagai objek iklan. Mungkin ada masalah lainnya, hanya saja saya memahami masih sebatas dua nomor saja.

Kalau boleh dihitung kira-kira berapa persen iklan yang menggunakan model/bintang iklan perempuan? Seperti lebih banyak daripada laki-laki. Menggunakan model perempuan yang terlalu banyak membuat banyak problem feminisme, di sini model perempuan penjaja iklan seperti menjajakan tubuhnya sebagai objek seksual ataupun objek untuk menarik perhatian. Sementara ada hal lainnya yang diinginkan bahwa menjadi model adalah suatu prestasi harusnya tidak dipandang hanya kemolekan tubuh dan paras jelita. 

Dunia kapitalisme dewasa ini membidik perempuan sebagai pasar konsumerisme, gempuran-gempuran iklan menginfeksi otak perempuan untuk menjadi manusia yang sangat konsumtif. Gempuran itu tentu saja dari iklan, produk yang melabelkan sebagai khusus atau spesial untuk perempuan. Rangkuman ini tidak memuat banyak segala hal dalam buku tersebut yang menarik, hanya saja keterbatasan otak yang selalu membatasi jari untuk mengetik.


Rujukan rangkuman
Judul Buku : Seks, Gender & Reproduksi Kekuasaan
Penulis: Dr. Irawan Abdullah
Penyunting: Ana Sumhari
Dimensi: 222 hal + XVI; 1,2 cm
Cetakan: Pertama, Maret 2001
ISBN: 979-8681-44-4
Penerbit: Adikarya IKAPI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d