Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Parfum Garuda Indonesia: Parfum Yang Mempunyai Hukum

EDT Garuda Indonesia kemasan 60ml 

Dua tahun selepas keluar kerja dari Siloam Hospital Lippo Cikarang, saya sudah tidak mampu lagi membeli minyak wangi dari Oriflame. Wajar saja harga Oriflame sama dengan 33 kilogram beras super, tentu saja murah mahal tergantung kemampuan dan keberanian anda sendiri, terkadang keberanian dengan uang cukup ianya merasa harga tersebut dianggap murah. Tetapi kadang yang punya uang tapi, otaknya bilang mahal, tentunya jatuhnya mahal.

Oriflame dengan wewangian herbal ataupun bahan alam yang luar biasa, memang pantas dibeli dan dihargai dengan uang yang cukup banyak nol-nya. Parfum beraroma sandalwood alias cendana dari Oriflame sangat menarik hidung saya untuk selalu menggunakannya sebagai aroma identitas dari tubuh saya. Saya merupakan tipe orang jarang pakai parfum sehingga parfum Oriflame yang dibeli tahun 2012 masih belum habis sampai tahun 2017 hingga saya kasih ke sahabat terdekat di Sanur, Bali. 

EDT Garuda Indonesia kemasan segel dengan isi 100ml

Wewangian membuat saya merasa ketagihan terlebih wangi alam yang begitu menenangkan. Terlepas tidak adanya parfum dalam kantong personal care, rasanya badan kurang percaya diri, mungkin karena identitas aroma badan tidak ada. Sempat mencari aroma-aroma alam lainnya dari parfum jenis murah di pasaran mulai dari wewangian perapih pakaian setrika hingga wewangian dari aroma terapi saya gunakan sebagai penghilang rasa kurang percaya diri akan tubuh. Alih-alih murah dan umum digunakan orang, rasa percaya diri sedikit turun dan berinisiatif mencari parfum yang harganya terjangkau kondisi kantong saat ini.

Kantong kopong tapi gengsi besar! Itulah buruknya saya, terlebih tidak mau beli yang KW ataupun yang ecek-ecek. Ya Tuhan! Beberapa kali mencari aroma wewangian yang tepat terutama bahan rempah-rempah, namun hasilnya nihil. Kebanyakan harga di bawah Rp 100.000 merupakan parfum jenis KW, ada beberapa yang ori (asli) harga sekitar Rp 100.000 kebawah hanya harus menjadi members terlebih dahulu dan malesnya harus beli katalog mereka! Ribet!. Putus asa sebenarnya mencari parfum yang sedikit mewah dengan harga murah, seperti yang mustahil ya!.

Keterangan Komposisi Parfum

Beberapa jenis wewangian badan yang terbuat dari bahan alami dan dibuat oleh anak bangsa Indonesia seperti Bali Ratih, sempat menjadi kandidat untuk dipinang tapi akhirnya saya lebih memilih parfum jenis Eau De Toilette (EDT) dari Garuda Indonesia yang dijual banyak sekali di toko online. Kita pastinya tahu Garuda Indonesia kan?! Ya, sebuah maskapai penerbangan milik negara Indonesia. Maskapai milik negara ini mempunyai aroma khas sekali saat Kita masuk ke dalam ruang pesawat mereka, aroma itu tidak salah lagi dari wangi parfum yang diracik khusus oleh ahlinya tak terkecuali parfum para pramugari, pramugara, pilot ataupun karyawan Garuda Indonesia juga diracik khusus. Tentu saja yang akan kita bahas adalah parfum EDT Garuda Indonesia.

Begitu maraknya penjual online Indonesia menjual wewangian jenis EDT milik maskapai Garuda Indonesia itu dan lebih mengherankan harganya pun ada yang murah ada juga yang mahal. Saya pikir semua orang pasti paham soal harga dan kualitas ya?! Biasanya ada harga ada rupa, kemungkinan besar namun ada juga oknum pedagang nakal yang kadang menjual barang KW dengan harga yang selangit juga. Parfum EDT Garuda Indonesia mempunyai dua jenis kemasan yakni kemasan 100 ml dan 60 ml, kesemuanya mempunyai aroma yang sama yakni beraroma citrus, jasmine, dan green tea. Harga untuk kemasan 100 ml dibandrol dengan rentang harga Rp 70.000 - Rp 200.000 dan untuk kemasan 30 ml berkisar Rp 28.000 - Rp 50.000. dari kesemua rentang harga tidak tahu mana yang asli, KW ataupun palsu kelas kerak. Semua penjual online membubuhkan kata "Ori" atau "Original" pada judul ataupun deskripsi barang. Mumet!.

Keterangan Kadaluarsa Dan Nomor Seri

Sempat membuat survei kebenaran barang, saya membuka situs resmi dari Garuda Indonesia, namun hasilnya nihil saat link jualan Garuda Indonesia merujuk pada lapak dagangannya di website JD.id, alangkah terkejutnya ketika tidak menemukan parfum EDT sejenis yang dijual di toko online lainnya. Apa iya kesemuanya KW?! Atau parfum itu hanya digunakan saat penerbangan saja dan khusus untuk karyawan Garuda Indonesia saja?! Entahlah yang pasti lapak Garuda Indonesia di JD.id hanya menjual parfum sangat mahal dari merek internasional.

Saya sendiri membeli dua parfum EDT Garuda Indonesia dari bukalapak.com dengan toko online Amenity Pesawat. Di toko online tersebut Selain menjual parfum EDT Garuda Indonesia juga menjual set personal hygiene milik Garuda Indonesia dan barang aksesoris lainnya dari Garuda Indonesia. Saya sendiri tidak tahu keaslian dari produk yang toko online tersebut. 

Keterangan Komposisi Parfum Pada Kemasan 100ml

Butuh waktu empat hari paket parfum yang dipesan sampai di depan rumah, maklum saja menggunakan layanan gratis ongkos kirim jadi agak lama sedikit terlebih sedang peak season dari pengiriman parcel lebaran. Seperti biasanya dagangan dibungkus dengan plastik gelembung guna menghindari kerusakan botol parfume. Saat dicoba wangi dari parfum EDT Garuda Indonesia cukup membuat pusing karena suhu udara memang panas terlebih dalam keadaan puasa. Rasanya mual!.

Agaknya kurang cocok dengan saya, tapi apa boleh buat sudah dibeli. Kemasan parfum EDT Garuda Indonesia terbuat dari kaca tebal dengan tutup terbuat dari atum plastik. Parfum EDT ini tidak menggunakan spray melainkan cara tuang oles. Cukup unik karena biasanya parfum sering menggunakan spray atau semprotan. Tapi semua itu bukan masalah besar. 

Tulisan Peringatan Akan Larangan Penjualan Pardum Garuda Indonesia

Parfum kemasan 60 ml tidak terbungkus dengan plastik segel, entah apa maksudnya?! Apakah ini palsu atau bekas?! Saya tidak tahu. Sementara kemasan 100 ml masih terbungkus plastik tebal bening sebagai segel botol parfume. Keterangan-keterangan yang tertulis di botol parfume dicetak tinta hitam dalam kondisi tidak pudar, cetakan itu tertulis EAU DE TOILETTE, disertai dengan lambang Garuda Indonesia. Bergulir ke bagian lainnya terdapat keterangan komposisi parfum dengan Bahasa Inggris dan istilah kimia, disertai keterangan jumlah isi parfum "60 ml". Bergulir kembali terdapat peringatan yang membuat saya kaget!. 

Mungkin baru pertama kali saya menemukan parfum yang mempunyai hukum atau undang-undang untuk melindungi parfum tersebut. Dalam keterangan peringatan tersebut tertulis "PERINGATAN: produk ini hanya untuk penerbangan Garuda Indonesia, mengambil/ atau memperjualbelikan PRODUK ini secara melawan hukum Merupakan tindak pidana dan dapat dituntut secara hukum." Wah ternyata parfum tersebut mempunyai hukum! Jadi dari mana penjual itu dapat?! Entahlah.

Peringatan Di Kemasan 100ml

Di bokong botol juga terdapat keterangan nomor seri parfum dengan tanggal kadaluarsa dari parfum tersebut. Pada parfum EDT kemasan 100 ml tidak jauh beda hanya bertuliskan  LAVINA. Mungkinkah terdapat perbedaan aroma karena tulisan Lavina itu?! Entahlah saya belum coba buka kemasannya. 

Keawetan parfum sama saja dengan parfum jenis EDT lainnya yang hanya kuat sampai 3-4 jam saja. Awal saya coba dioles pada lengan, lima belas menit kemudian wudhu untuk sembahyang ashar. Wangi berkurang karena terhapus oleh aliran air, sementara saya cium kembali saat menjelang isya, aroma masih tercium wangi tapi tidak terlalu kuat bisa dibilang hanya tercium kalau hidung didekatkan saja.

Dari keseluruhan saya masih belum puas namun cukup terbantu karena ada wewangian yang cukup murah.

Komentar

Unknown mengatakan…
Yang asli itu yng bagaimana..?
Waluyo Ibn Dischman mengatakan…
Agak susah memastikan mana yang asli dan mana yang palsu.
Unknown mengatakan…
Bau nya yang asli dan kw sama apa beda
yatsry mengatakan…
bukan nya arti dari eau de toilette itu air toilet
Waluyo Ibn Dischman mengatakan…
Karena parfum Garuda merupakan parfum exlusive jadi agak susah untuk membandingakan dengan barang (parfum Garuda) yang dijuak di toko online. Mungkin pembandingan yang harus dilakukan dengan cara membawa parfum Garuda yang dibeli dari toko online lalu naik pesawat Garuda....dan bandingkan dengan yang asli
Waluyo Ibn Dischman mengatakan…
Secara harfiah benar, secara istilah ya parfum dengan tingkat ketahanan wangi hanya sampai beberapa jam saja.
Unknown mengatakan…
Untuk pembelian original daerah Bandung dimana ya ?
Waluyo Ibn Dischman mengatakan…
Hi. Saya rekomendasikan melalui aplikasi bukalapak atau tokopedia dan filter untuk pengirimannya, pilih kota Bandung atau Kabupaten bandung. Saya sendiri melalui aplikasi belanja online
Rosi Tangerang mengatakan…
Abang beli di Tokopedia yg mana klo boleh tau bang?? Soalnya kan byk sekali lapak lapak yg jual.. entah itu asli atau palsu
Boleh kah saya tau Abang beli di lapak Tokopedia yg mn??
Waluyo Ibn Dischman mengatakan…
Aku beli di bukalapak atas nama pelapak Amenity Pesawat. Tapi saya tidak menjamin itu palsu atau asli ya. Soalnya yang asli kaykanya Garuda tidak menjualnya. Dicoba aja.
Makasih infonya bang,.
Aris mengatakan…
Terima kasih infonya, tadi ada yg jual dekat rumah saya, cuman saya takut beli karna ada lambang "Garuda" nya, saya sangat yakin itu KW karnaa mana mungkin parfume khusus disana bisa dijual bebas, apalagi pas membaca review dan menemukan adanya tulisan "Hukum" jadi makin ragu, mungkin saya akan beli untuk sekedar mencoba wanginya, beli yang kemasan kecil saja.
Waluyo Ibn Dischman mengatakan…
Hi mas/mbak Aris, keaslian parfum Garuda memang sangat dipertanyakan terlebih lagi garuda indonesia itu tidak menjual parfum tersebut
website-nya maupun di lapak resminya (JD.ID). Saya juga membeli di toko online hanya sekedar ingin tahu bau-nya, maklum selama ini hanya menggunakan Citilink, Nam Air saja sama Air asia.
Terimakasih banyak informasinya,.
Paijoe mengatakan…
Parfum garuda yg di jual itu ada yg asli ada yg kw. Yg asli belilah satu kardus besar. Klo beli ecer bsa jd dah di campur/ itu parfum racikan.
Nah jual beli parf garuda ini sperti jual beli ransum tni dan polri kan yg gak di jual umum.
Yg asli buatan mustika ratu
Rita mengatakan…
Waktu itu ke toilet pesawat nemu parfum garuda, dan dipake lah trnyata baunya enak. Saya suka.. gatau kalo di toiletbnya bakal ada parfum mestinya bawa botol refil ya minta sedikit aja 😂😂 canda deng. Saking candunya wangi garuda indonesia sy cari2 di shop•• dan saya beli. Tapi sayang wangi nya beda :(( tapi tdk patah semangat saya beli lagi di toko lain dan wangi nya sama dg yg saya coba pas di pesawat. Tapi saya lupa nama tokonya apaa

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d