Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Mengikat Kembali Keluarga Yang Jauh

Pose Di Pantai Selok

Akhir tahun 2017 lalu saat acara pernikahan Juli dengan Atik merupakan moment paling penting dalam keluarga besar kami. Dari acara itu ada suatu janji penting yang disampaikan oleh salah-satu keluarga kami yakni ang Eeng. Dia berjanji akan datang kembali saat lebaran untuk melunasi kebahagiaan bapaknya yang ingin berkumpul dengan keluarga di Jawa Tengah.

Janji itu benar-benar terlaksana di hari ke tiga lebaran. Keluarga yang diundang selain keluarga utama ang Eeng adalah keluarga saya yang terdiri dari Retno, Ang Kasro Dan Yayu Pon. Saya sendiri diundang hanya saja tidak masuk ke mobil melainkan dengan menggunakan motornya. Kami berangkat jam lima pagi, saya menggunakan sepeda motor bersama Calvin sementara Ang Bayon dengan Teguh.

Mataku benar-benar tidak bisa digunakan dengan baik saat berkendara malam hari maupun subuh hari, karena alasan itulah saya menyerahkan setir sepeda motor ke Calvin yang masih mempunyai daya penglihatan yang bagus. Kami berangkat dengan waktu dan jalan yang berbeda, dengan janji menunggu di pertigaan Kalipucang. Dua rombongan sepeda motor berangkat dengan memotong jalan melalui jalur pesawahan dan keluar di jalan raya nasional nomor 18 arah Pangandaran.

Bu Le Samkiem Menyiapkan Minuman

Sebenarnya saya tidak suka dibonceng, terlebih dengan orang yang suka kebut-kebutan. Rasanya mau mati saja kalau dibawa kebut-kebutan. Beberapa kali hampir saja menyerempet kendaraan lainnya dan terakhir menyerempet mobil dan lengan saya terkena, bersyukur tidak ada luka sedikit pun. Hari sudah hampir terang dengan cahaya matahari pagi, rombongan sepeda motor sampai di pertigaan Kalipucang.

Tak sampai dari setengah jam kami menunggu rombongan mobil, kami melanjutkan kembali perjalanan melalui jalur Kalipucang - Sidareja. Saya mengganti Calvin sebagai driver, saya tidak mau lagi stress karena jiwa melayang-layang oleh ngebutnya sepeda motor. Perjalanan berjalan lancar tanpa ada macet yang parah maupun jalan raya yang penuh kendaraan, berbeda dengan kondisi jalan Banjar-Pangandaran yang macet di sepanjang titik pusat kecamatan.

Di perjalanan seperti biasanya saya mengajak Calvin untuk berbincang-bincang dengan tema yang tidak jelas arahnya, percakapan sampah ini demi menghapus kantuk di sepanjang perjalanan dan untuk menjaga konsentrasi. Bibir dan tenggorokan terasa kering oleh tamparan-tamparan kering udara jalan raya, saya putuskan untuk mlipir ke Alfamart di kawasan Kawunganten untuk membeli beberapa botol air minum dan dua bar permen karet.

Para Ayah Mengasuh Anaknya

Brakkkk.....
Suara keras timbul dari tumbukan dua sepeda motor yang berjalan bersamaan arah. Beruntung di kejadian tersebut tidak ada luka yang parah, hanya luka ringan saja. Kejadian yang berlangsung di depan mata saat istirahat di alfamart membuat saya lebih mawas diri dalam berkendara. Rombongan mobil lewat dan Ang Eeng shock karena berpikir Calvin yang terlibat kecelakan. Perjalanan kembali ke dilanjutkan dengan jalur Kubangkangkung -Jeruklegi-Cilacap dan berakhir di Adipala.

Sekitar jam sepuluh pagi kami sampai di rumah Bibi Keri, sesuai dengan agenda acara lebaran kami sekeluarga sungkem ke semua anggota keluarga yang ada di Kalikudi. Tak lama di Kalikudi kami melanjutkan kembali perjalanan ke rumah Mang Tugiman di Jepara Wetan, Kroya. Di perjalanan ini saya kembali memandu semua rombongan tak terkecuali Ang Bayong.

Wahana Explore Hutan Bakau Selok

Jalanan Kalikudi-Kroya tampak lebih lancar dan sedikit kendaraan bermotor yang lewat. Kecepatan saya tarik ke 60-70 Km saat jalan lurus, gas turun saat ada pertigaan dan perempatan agar rombongan yang lainnya tidak salah arah.

Jepara Wetan tampak sepi sunyi seperti waktu lainnya. Suara gesekan daun bambu oleh kibasan angin terdengar berirama indah. Rumpun  bambu itu menjadi keteduhan tersendiri di hari-hari kemarau.

Seorang wanita muda dengan kesuburan badannya nampak melambai ke arah saya, nampaknya dia mengenali wajahku. Wanita muda itu bernama Wendy, seorang yang selalu ceria. Wendy merupakan anak nomor dua dari Mang Tugiman, dia mempunyai dua suadara lainnya yakni Slamet dan Erwin. Sayang sekali Erwin saat itu tidak ada di rumah.

Pantai Teluk Penyu Dua Hari Selpas Lebaran

Temu keluarga ini berjalan sangat damai dan mesra, rasanya tidak ingin berlalu begitu saja. Matahari tepat di atas kepala membakar kulit kusam kemarau, anak-anak yang sudah tidak mampu menahan kebosanan akan agenda orang tua yang menjemukan. Rengekan-rengekan kebosanan anak-anak membuat temu mesra keluarga berakhir begitu cepat. Anak-anak memang lebih tertarik apa yang mereka anggap menarik terlebih jika dijanjikan sesuatu yang menarik pasti akan merengek terus hingga apa yang ia inginkan didapat.

Destinasi terkakhir adalah pantai Selok, Adipala. Tugas pemandu jalan masih di tampuk gagang setir saya. Gas ditarik tidak begitu banyak mungkin hanya sepertiganya saja. Semakin mendekati tempat wisata volume kendaraan mulai penuh baik oleh sepeda motornya ataupun mobil. Jalanan Binangun-Widarapayung sedikit penuh dan jalan penuh menumpuk di jalan menuju pantai Selok.

Saya cukup bingung dengan kemacetan ini. Padahal kalau dipikir pantai Selok adalah pantai biasa yang sangat sedikit keistimewaannya dibandingkan dengan Pangandaran maupun Menganti, Kebumen. Sejauh 4  Km jalanan penuh oleh semua kendaraan. Antrean masuk begitu meng-ular panjang. Usut punya usut ternyata pantai ini sedang famous di media sosial terutama kalangan masyarakat kabupaten Cilacap. Jadi wajar saja pengunjung membludak kayaknya pantai Ancol saat perayaan tahun baru.

Sunset Di Teluk Penyu

Bimbim (adik Calvin) memang mempunyai ketertarikan khusus akan dunia air baik kolam renang, empang, hujan, dan pantai. Saat melihat pantai dia berkeluh menyesal karena ibunya tidak membawa baju ganti. Tanpa obrolan apapun dia lari mendekati lidah ombak laut selatan. Bermain layaknya sedang bergaul dengan mainanya. Saya sebagai pamannya merasa khawatir kontrol pantau hilang karena banyaknya pengunjung sementara Bimbim anak yang aktif.

Khawatir tidak bisa pulang cepat dan gagalnya agenda lainnya, saya dan Calvin pulang lebih dulu. Saya mempunyai rencana berkunjung ke pantai Teluk Penyu. Perjalanan menuju Teluk Penyu tidak semulus yang dibayangkan, beberapa ruas jalan macet total. Kemacetan parah saat keluar dari pantai Selok, Pasar Adipala, dan pertigaan di Kesugihan Kidul.

Bersyukur tickets gate toll pantai Teluk Penyu tidak seramai pantai Selok, bahkan keadaannya lebih sepi daripada pantai Selok. Suasana lebih tenang dan mengasikan. Kami menikmati sekali atmosphere pantai dengan sunset sempurna. Tidak banyak kegiatan yang dilakukan di Teluk Penyu hanya berjalan-jalan di sekitaran pantai dan berfoto saja.

Makan Bakso Tulangan Sebelum Pulang Ke Rumah

Pesan Whatapp masuk ke telepon genggam pintar milikku. Pesan dibaca oleh Calvin bahwa Juli sudah menuju Cilacap. Sebelumnya Juli dan Atik ingin bergabung dan ikut kami pulang ke Jawa Barat namun tidak ikut ke Teluk Penyu melainkan pulang ke Kalikudi untuk persiapan baju dan yang lainnya.

"Tunggu nang Bandara bae" penggalan pesan singkat yang dikirim Calvin melalui telpon genggam pintar milikku ke kontak milik Juli. Bersyukur kami bertemu di tempat yang ditentukan. Perjalanan berjalan lancar dan selamat walaupun beberapa titik macet parah hingga lebih dari 10 Km.

Puji Tuhan kami sampai di rumah jam 21:00 tepat.

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d