Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Jogja Kembali I

Situs Warungboto
Selancar kepakan burung merpati mendarat di ranting - ranting begitupun burung besi yang saya tunggangi dari Denpasar. Satu jam lebih sepuluh menit waktu tempuhnya dalam menempuh ibu kota kebudayaan Jawa itu. Sempat berkeliling langit Jogja beberapa belas menit, menuju utara dan balik lagi sampai beberapa kali, demi keselamatan sang pilot mengajak penumpang berkeliling dulu. Seperti yang diumumkan pramugara bahwa landasan pacu di bandara Adi Sutjipto sedang ada perbaikan.

Beberapa belas menit berlalu, burung besi mendarat ke bumi Jogja. Sugeng Rawuh kalimat awal yang saya baca dan dengar di bandara ini. Kembali ke Jogja lagi!

Batrei telpon genggam masih penuh jadi tidak ada kekhawatiran yang muncul. Beberapa rentetan pesan saya kirim melalui aplikasi WhatsApp Messenger ke Kang Tendy, seorang sahabat luar biasa. 'Tunggu di luar ya Kang' jawaban singkat darinya untuk ku.

Tendy Nugraha
Sedikit agak lama untuk mengantre pengembalian barang bagasi. Maklum saat itu penumpang lumayan banyak. Kuraih barang bawaanku yang terbawa oleh mesin angkut itu. Jarak antara terminal kedatangan domestik dengan jalan raya tidaklah terlalu jauh hanya 200-300 meter saja. Lumayan pegal kalau membawa barang banyak yang super merepotkan, tapi itu berubah seketika ketika melihat seorang bule asal Eropa yang membawa dua tas super besar dan satu tas kecil. Betapa repotnya dia!!!

Banyak tawaran taxi dan ojek untuk saya saat menunggu jemputan Kang Tendy. Ya maklumlah mereka merayu untuk mendapatkan uang. Dengan halus saya menolaknya karena saya sudah ada yang menjemput. Tiga puluh menit berlalu dan Kang Tendy datang dengan gaya super trendi anak masa kini berlapis klasik tradisional sunda. Si Jonny nama sepeda motor klasik keluaran tahun 80-90an membawa kesan yang menyentuh bagi naluri seniku.

Lirikan Matamu
Jonny melaju ke arah barat ke tempat Kang Tendy bermukim. Asrama Galuh Yogyakarta tepatnya di bilangan Warung Boto menjadi tempat bermukimnya mahasiswa asal Tatar Galuh Ciamis Yang sedang belajar di Yogyakarta ini. Dan Kang Tendy merupakan pemimpin yang sedang berada di ujung masa jabatannya. Gelar yang disandangnya membawa saya dalam pelayanan yang istimewa tentunya.

Perbincangan kecil yang jauh dari kata berfaedah muncul begitu saja sebagai social snack untuk saya, Kang Tendy dan beberapa penghuni asrama Galuh. Terlepas dari obrolan kecil lambat laun otak menyuruh saya untuk segera tidur melepas kelelahan akibat perjalanan jauh. Tidur!

Gedung BNI di Titik Nol Kilometer Yogayakarta
Tak sempat mandi, saya diajak main ke situs purbakala di dekat asrama Galuh. Pasanggrahan Warung Boto yaitu tempat istirahat para raja - raja Mataram yang saat itu berkuasa. Arsitektur dan fungsi bangunan itu tak jauh beda dengan situs Tamansari. Berfoto adalah tujuan kami berdua tidak ada lagi selain niat untuk narsis di tempat - tempat menarik di Yogyakarta.

Tidak ada karcis masuk yang ditarik, mungkin saja karena datang saat sore hari jadi tidak ada petugas yang berjaga di sana. Dan yang lebih menggembirakan lagi tidak ada karcis parkir juga. Memang kami parkir dekat warung pinggir jalan dan persis di depan situs purbakala itu. Kami juga masuk melalui pagar besi seperti pengunjung lainnya. Nakal!

Ufuk barat mulai memainkan warna indahnya di langit sebagai tanda bahwa kami harus pulang dan mandi. Badan memang tidak terlalu bau asam tapi rasanya kurang pas kalau ga mandi. Apalagi saya mandi hanya beberapa gayung saat hendak berangkat ke bandara Ngurah Rai Denpasar. Selepas mandi, badan menjadi lemas dan tidak berdaya saat mencium aroma bantal. Mata, otak dan otot sudah merencanakan niatnya untuk membuat saya lemas dalam tidur.

Penjaja Kopi Jalanan di Malioboro
Bangun di awal malam membuat keadaan otak seperti orang bingung. Tapi tetap semangat karena Kang Tendy mengajak saya untuk pergi jalan - jalan ke landmark Yogyakarta, jalan Malioboro. Cuaca yang terang membuat Malioboro bergeliat penuh nafsu dalam melayani tamu - tamunya dari berbagai daerah dan negara. Tidak ada kata lemas bagi Malioboro.

Pagelaran wayang kulit di dekat monumen sebelas maret membuat saya tertarik untuk melihatnya. Karena masih 'pagi' banyak orang yang nonton sehingga saya susah untuk mengambil gambar para pemain wayang kulit. Menikmati keindahan seni yang indah membuat saya terpesona. Waktu yang banyak tidak membuat saya terbuai oleh sajian seni berselera tersebut. Berjalan kembali menuju ujung utara, melihat - lihat, menikmati suasana, menghayati kehidupan malam Jogja dan mencari makanan yang pas untuk perut kami.

Dua bungkus nasi kucing dan lawuh sate membuat perut penuh kenikmatan khas Jogja. Murah tur maregi kata orang sana. Berjalan kembali ke arah selatan untuk meraih Jonny yang kami parkirkan di gedung BNI. Lumayan jauh memang jarak antara stasiun Tugu dengan gedung BNI. Sejauh - jauhnya melangkah di Jogja semakin terpesona oleh keadaan di sana. Bangku yang tertanam di pinggir jalan penuh orang dengan perasaan yang mereka miliki saat itu.

Pagelaran Wayang Kulit 
Wayang kulit masih menjalankan lakonnya, kami yang masih tertarik untuk menonton pun ambil jarak ke pertunjukan itu. Beruntung memang saat malam sudah mencapai puncaknya, para penonton kabur satu persatu hingga tersisa beberapa orang saja. Tak lebih 30 orang. Beberapa foto dari jarak dekat saya ambil dengan santai tanpa mengganggu penonton lainnya.

Sambil menyelam minum air pepatah lama berkata untuk kepulangan kami ke asrama. Dalam proses 'menyelam' kami 'minum air' di beberapa situs terkenal di Jogja.
Lelah Leha lah.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d