BAHASA INDONESIA: Tatacara Mengundurkan Diri

LAMA sudah tidak menulis di blog rasanya ada sedikit kekurangan dalam hidup ya?! Memanglah sedikit berlebihan untuk mengungkapkan rasa seperti ini di sebuah tulisan. Kali ini saya ingin berbagai bagaimana seseorang ingin mengajukan pengunduran diri di pekerjaan. Sepertinya hal seperti ini gampang namun kadang-kadang membuat orang yang baru pertama kali mengundurkan diri kebingungan bagaimana cara untuk mengundurkan diri. Baiklah tidak banyak cingcong  saya jabarkan saja. 

PERTAMA 
Buatlah obrolan santai dengan rekan sekerja tentang maksud Anda untuk mengundurkan diri hal ini tujuannya untuk membuat orang - orang sekitar kita tidak kaget saat kita mengundurkan diri. 

KEDUA
Ungkapkan secara tidak tertulis dan tertulis tentang maksud Anda kepada atasan. Mengundurkan diri dari pekerjaan tidak semena - mena keluar begitu saja namun ada beberapa aturan misalnya satu bulan sebelumnya harus membuat pernyataan tertulis kepada atasan.

KETIGA 
Pernyataan tertulis untuk bagian Sumber Daya Manusia (SDM) atau dalam bahasa Inggris disebut Human Resources Department (HRD). Dalam surat pengunduran diri biasanya menetapkan tanggal kapan kita tidak aktif kembali di perusahaan tersebut misalnya pertanggal 1 November 2016.

KEEMPAT 
Setelah melayangkan surat pengunduran diri yang sudah disetujui oleh atasan maka langkah selanjutnya adalah menghabiskan masa cuti yang masih tersisa. Menghabiskan masa cuti yang tersisa tergantung pada setiap orang misalnya mau menghabiskan diakhir, tengah maupun diawal bulan masa penungguan pengunduran diri hal ini tergantung kebutuhan individu itu sendiri.

KELIMA 
Saat masa terakhir atau saat cuti terakhir di kalender terakhir masa kerja sempatkan waktu untuk mengurus pengembalian barang barang atau fasilitas perusahaan yang telah kita pakai misalnya baju seragam,  kunci loker,  kartu parkir,  pelunasan hutang atau koperasi,  dan fasilitas lainnya. Selain pengembalian harus diingat ada pencairan dana hari tua misalnya dari AXA atau AIA lumayan nambah uang. Sertakan dokumen berupa foto kopi dari KTP, rekening bank dan kartu pajak (NPWP).

KEENAM
Keluar lah Anda dengan gaya Anda sendiri. 

Demikian pengalaman yang pernah saya alami dalam hal pengunduran diri dari sebuah perusahaan. Semoga bermanfaat.
Nikmati alam tanpa memikirkan tugas dari kantor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Serapan Bahasa Portugis dalam Bahasa Indonesia

Parfum Garuda Indonesia: Parfum Yang Mempunyai Hukum

KAWERUH BASA: Peribahasa lan Saloka Jawa #27