Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Mind-blowing Saat Premenstrual Syndrome (PMS)

Tempo hari lalu masih saja menjadi ingatan, pembicaraan ringan dengan rekan kerja. Rekan kerjaku seorang perempuan milenial yang baru saja lulus kuliah. Karena lingkungan medis jelas segala pembicaraan luas sampai ke gang kelinci pun masuk, mau sifat surgawi ataupun masuk ke gang perkelaminan itu jari hal wajar. Perspektif kita sebagai orang medis memang agak lain daripada manusia lainnya. 


Baiklah, mukhadimah sebatas itu saja. Inti dari yang akan saya sampaikan adalah cerita-cerita absurd dari sang mahluk hormonal. Sudah jelas dalam berbagai buku anatomi fisiologi ataupun psikologi memang perempuan adalah spesial. Dia tercipta dengan rancangan unik dari Tuhan, berbagai kelebihan disematkan pada seorang perempuan. Keunikan dan kelebihan itu termasuk perihal hormonal! 


Saya sebut sebelumnya bahwa perempuan adalah makhluk hormonal, si ratu hormon. Bayangkan saja dalam tubuhnya mempunyai enam jenis hormon khususnya hormon reproduksi, diantaranya: progesterone, estrogen, testosteron, lutenlinizing hormon, follicle stimulating hormone, dan oksitosin. Berbeda dengan seorang pria yang hanya mempunyai empat jenis hormon reproduksi. Karena banyaknya hormon pada wanita jika ada ketidakseimbangan hormon maka apa yang akan terjadi?! Drama.


Dibekali kesucian dan kesakralan tubuh wanita saban bulan menjalankan kewajibannya untuk menstruasi, jelas proses tersebut didukung oleh hormon. Perubahan hormon tersebutlah yang membuat banyak perubahan baik pada fisik dan psikologi seorang perempuan. Dan kira-kira apa yang terjadi saat perubahan itu? Drama. Ya drama kehidupan yang dipengaruhi besar oleh status hormonal seorang perempuan. Sebelum menstruasi seorang perempuan akan mengalami perubahan hormon terlebih estrogen dan progesterone. Perubahan tersebut menyebabkan PMS (premenstrual syndrome), pada saat itu seorang perempuan mengalami gejala-gejala sebelum memasuki masa menstruasi. Adapun gejalanya seperti mual, nyeri, pening, kembung, nyeri payudara, keram perut, muncul jerawat, sulit konsentrasi, kelelahan, mudah lupa, menangis tanpa sebab, mood swings, gelisah dan lain sebagainya.


Dari rekan kerja dan sahabat perempuan, saya himpun drama-drama hormonal terlebih saat PMS (Premenstrual Syndrome). Pada umumnya para sahabat dan rekan kerja merasa konyol saat mereka mengalama drama PMS. Hampir semua cerita yang muncul selalu tidak masuk akal dan ternyata diakui dengan nalar yang sehat dari otak perempuan, namun anehnya dibawa juga dalam alam emosionalnya sebagai perempuan. Semua cerita yang saya dapat sudah mendapatkan persetujuan dari individu-individu yang suka rela bercerita pada saya. 


Menangis Karena Tidak Diucapkan Terima Kasih

Saat itu ceritanya gue ke In*maret buat beli kebutuhan sehari-hari dan memang itu In*maret langganan, jadi agak kenal sama mas-masnya. Pas transaksi si masnya ngasih kembalian tanpa bilang terima kasih. Saat itu gue sakit hati banget. Biasanya setiap belanja pasti si masnya bilang terima kasih. Pas pulang di jalan gue nangis, pokonya drama banget dah. Rasanya gak terima banget. Padahal gue sadar itu hal konyol, tapi tetep aja rasanya nyesek. Eh dua hari kemudian menstruasi. 


Perkara Cat Tembok

Saat itu memang ada rencana ganti cat tembok jadi warna krem, sebelumnya memang warna cat tembok punyaku kuning. Pokoknya sekujur rumah warna kuning, entah kenapa tiba-tiba aku jadi benci banget. Dan paling aneh sekali lihat pisang yang warna kuning pun aku benci, tahu gak sih aku sampe banting itu pisang. Aku teriak pas ngebanting. 


Wawancara Kerja

Pernah kena PMS pas waktu wawancara kerja, gue merasa diintimidasi. Pokoknya gue merasa HRD itu ngeintrogasi gue. Saat itu ditanya nama, rumah di mana, sebelumnya kerja apa, nah yang paling gue sebel tuh pas dia tanya pendidikan gue apa? Anjir aku merasa disepelekan, pasaku jawab S1 management dan si HRD bilang oooo. Lebih gedeg lagi pas ditanya lu punya keterampilan apa aja? Di situ gue gak terima, dia kira gue cuma jual tampang doang. Untungnya gue masih bisa kontrol emosi, nalar gue sedikit muncul. Sebenernya saat itu gue juga sadar itu pertanyaan umum saat wawancara kerja, tapi gila sakit hati banget. Pokoknya merasa direndahkan banget dah.





Komentar

Uwang koin kuno mengatakan…
Syh punya uwang kuno apahkah laku klo di juwal

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d