Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Kenangan Kereta Lokal Banjar - Kroya

Stasiun Maos

Ajajajan.....ajajajan.... ajajajan....tuut...tuut....
Sepur kruduk.....sepur kruduk....

Dahulu kala!
Untaian pengawal cerita yang sangat klasik dan melegenda. Ya harus diakui kalimat ini begitu sakti untuk menyihir setiap pendengarnya. Yuk mari baca sejarah atau pengalaman saya menggunakan kereta lokal yang konon mati/dihentikan karena ulah masyarakat yang enggan membayar tiket atau bayar tiket tapi di atas gerbong!!! Baiklah kita mulai saja ya!

Menurut literasi yang ada di internet kereta lokal yang menghubungkan Banjar dengan Kroya sudah lama sekali beroperasi dan berakhir pada tahun 2000. Kenapa berakhir? Bukannya saat itu selalu penuh penumpang? Kerugian ini terbilang miris karena banyak penumpang yang tidak membeli karcis maupun membeli/membayar langsung ke petugas di atas gerbong, kita tidak tahu apakah petugas menyerahkan segenggam uang yang didapat di atas gerbong atau tidak. Yang pasti kerugian itu karena income yang turun! 

Bencong Pedagang Pengamen Copet

Apa yang saya rasakan dulu saat menjadi pengguna jasa kereta lokal ini adalah suatu kesumpekan sebuah gerbong dengan hawa khas neraka yang sangat sumuk alias gerah. Bagaimana aroma neraka tidak muncul di setiap gerbong rangkaian kereta lokal ini wong setiap orang boleh membeli karcis tanpa nomor duduk, pedagang bisa masuk, pengamen bisa masuk dan orang-orang lainnya bisa masuk ke gerbong. Dan ingat dalam gerbong kereta lokal ini tidak ada kipas angin ataupun pendingin ruangan. Bisa dibayangkan sangat panas bukan. Beruntungnya setiap orang bisa menikmati atau bahkan sebagai oleh-oleh non bendawi yang bisa berjam-jam untuk bercerita suasana dalam gerbong.

Boleh disebutkan berbagai pedagang menjajakan dagangannya di dalam gerbong, saya ingat pedagang pecel yang selalu berkeliling gerbong dari ujung depan sampai belakang. Menariknya pedagang pecel ini adalah selalu rapih khas wanita Jawa, susunan sayuran yang sangat tertata rapi, bumbu dan cita rasa pecel yang khas dengan campuran bunga kecombrang/combrang. Pecel dijual dalam pincuk daun pisang segar. Untuk memakannya biasanya diberikan sumpit atau sendok. Harganya tidak terlalu mahal mungkin saat itu Rp 3000 mungkin juga dibawahnya. Saya lupa! Pedagang pecel biasanya perempuan dan selalu mengucapkan cel pecel....cel pecel....

Sumber weekendescape.co.id 

Selain pedagang pecel saya ingat sekali pedagang lainnya misalnya pedagang nasi rames yang rasa dagingnya begitu khas ditambah dengan serundeng kelapa. Pedagang es/sirup yang dibungkus dalam plastik dengan varian rasa teh manis, atau rasa sirup lainnya. Sirup ini dibungkus oleh plastik sekaligus sedotan yang menempel di atasnya. Si pedagang membawa es ini dalam sebuah tremos es besar dan dibawa keliling gerbong dan selalu mengucapkan tehhhhh es teh.... 

Saya yang masih bocah selalu tertarik untuk membeli barang dolanan misalnya dolanan kotok-kotok di mana permainan ini dibunyikan dengan cara memutarkannya. Mainan ini dibuat dari bahan bambu. Selain pedagang mainan kotok-kotok ada juga mainan kertas pelangi yang disusun dengan berbagai warna yang indah. Dan yang selalu saya beli saat naik kereta lokal ini adalah kipas angin!!! Kipas angin tradisional yang dibuat dari anyaman bambu ini sangat istimewa. Dalam anyaman bambu biasanya digambar atau dilukis dengan berbagai buah/pemandangan/ayam jago dan yang lainnya.

Bencong! Agak kurang manusiawi sih menyebutnya tapi mau ditulis apalagi?! Transgender mungkin ya! Dalam serangkaian kereta api ada saja transgender yang masuk untuk sekedar mengamen dengan berbagai macam guyon ataupun nyanyian yang bikin perut mules karena ketawa terus. Ya menghadapi pengamen transgender tidaklah mudah, saat mereka mendekati Kita untuk mengamen perasaan Kita sendiri terhibur karena lucu dan juga waspada karena takut. Pernah dulu satu gerbong dengan transgender yang mengamen namun ribut dengan geng pengamen transgender lainnya. Suasana menjadi kacau oleh debat mereka. Selepas berdebat panas mereka kembali bernyanyi ewer...ewer...ewer...crot.

Bukan hanya pengamen transgender saja yang ikut berkonstribusi susana dalam gerbong kereta lokal ini tapi juga pengamen laki-laki bisa ataupun perempuan dari anak-anak sampai kakek nenek. Mereka biasanya mengamen dalam bentuk nyanyian dengan membawa corong dan salon portable yang memiliki suara khas. Ada juga mengamen dengan alat musik seperti gitar. Berbagai peristiwa seperti pengamen ngamuk ke penumpang ataupun ngamuk ke pedagang ataupun sesama pengamen pernah saya saksikan. Ya begitu mencekam saat itu apalagi sang pengamen membawa alat tajam untung saja di sebelah saya ada bapak TNI yang langsung melerai. 

Sekali saja pernah menyaksikan seorang copet yang tertangkap basah oleh penumpang. Itu membuat saya syok ya walaupun saat itu saya tidak memepunyai dompet tapi saya khawatir dompet bapak saya hilang. Saya tahu bapak saya selalu memasukan uangnya di slepen atau wadah mbako kadang juga disimpan di kupluk sehingga aman menurut dia karena si copet tidak menyadari di kupluk ada duitnya. 

Stasiun Dan Seribu Halte

Kereta lokal ini kalau gak salah (berarti benar) berwarna merah! Dulu membedakan kelas kereta cepat atau tidaknya dari warna badan lokomotif yakni merah atau putih. Kalau putih biasanya itu yang cepat!. Oh ya stasiun terminus untuk kereta ini yakni Banjar dimana stasiun terdekat dari rumah saya  yang ada di Pamarican. Di stasiun terminus kereta lokal ini mesti membalikan lokomotifnya me arah timur untuk menuju stasiun terminus Kroya. Entahlah pembalikan kepala lokomotif itu dengan cara apa hanya saja waktu tunggu lama sekali. #
Tiket berwarna merah berukuran bungkus korek api itu bernilai Rp 700 perak saat itu tapi terakhir saya beli Rp 2500 atau Rp 3000 kalau ga salah. Untuk mempermudah petugas karcis biasanya tiket dijegreg pake alat khusus sehingga menimbulkan bolongan kecil. Sementara saat karcis menjadi Rp 2500 diganti dengan coretan bolpen.

Sumber Twitter @potretlawas

Saat hendak berangkat kereta bergerak dengan hentakan khas hingga 3 kali Dan berjalan perlahan hingga kecepatan maksimal yang dia punya. Namanya juga kereta lokal jadi setiap stasiun kecil atau juga disebut halte juga disinggahi. Perjalanan dari Banjar ke Maos bisa mencapai 4 jam karena kereta lokal ini selalu berhenti di halte dan stasiun lainnya. Selain faktor tersebut kereta lokal ini juga selalu mengalah dengan kereta lainnya utamanya yang jarak jauh seperti dari Yogyakarta ataupun Surabaya. Kereta lokal ini melintasi stasiun dan halte diantaranya yang saya masih ingat adalah Langensari, Rancakole, Sidarja, Cipari, Gandrungmangu, Kawunganten, Pasar Kliwon, Jeruk Legi, Sikampuh, Maos, Mlewung, dan masih banyak lagi. Yang paling menjemukan saat itu adalah saat dimana kereta sedang menunggu untuk bersilang, bisa-bisa waktu tunggu sampai setengah jam atau kurang. 

Sumber riskynuraeni.com

Bangku penumpang ada dua tipe diantaranya ada yang saling berhadapan ada juga saling membelakangi punggung semacam bangku panjang tanpa sandaran. Kadang saat kereta penuh para penumpang masuk ke gerbong barang di bagian paling belakang rangkaian kereta. Selain di gerbong barang para penumpang juga sering berdiri di bordes maupun di dalam toilet. Emang ada trik tertentu untuk menghindari bayar ke petugas di atas kereta misalnya saja selalu berjalan-jalan dari ujung rangkaian kereta api dan diam di toilet. Asal kuat saja dengan bau khas toilet hahahaha tapi itu merupakan perjuangan bagi orang yang tidak mau bayar! 

Pernah suatu waktu saat mudik ke Maos, dimana semua orang menggunakan jasa kereta api sehingga banyak sekali penumpang yang tidak tertampung di dalam gerbong penumpang dan akhirnya tertampung di gerbong barang yang jumlahnya 3 gerbong. Saat itu saya yang masih kecil (umur 9/10) menangis karena susana yang menyeramkan (panas, sumpek, duduk bareng ayam dan sayuran) selain karena susana itu saya menangisi ikan hias yang mati kepanasan! Ikan hias ini adalah  oleh-oleh yang dibeli di pasar Pahing - Maos, saya juga menangisi perpisahan antara saya dan saudara yang lama tidak ketemu.

Perlu diketahui pada zaman itu, stasiun Banjar adalah stasiun yang cukup besar karena mempunyai dipo perawatan kereta api dan fasilitas lainnya. Stasiun besar lainnya yakni Sidarja, Maos, dan Kroya. Ingat sekali saya saat menunggu kereta tersebut bapak saya selalu menonton tv hitam putih yang disediakan stasiun Banjar. TV ini dipasang di atas untuk menghibur para penumpang sebelum masuk ke kereta. Acara yang saya ingat saat itu adalah warta berita dua jam saja dari TVRI. Kenapa saya ingat selalu acara ini? Jelas saya sebagai anak-anak jenuh dan muak dengan acara berita yang super lama apalagi ditambah berita-berita yang menyeramkan bagi saya.

Akulturasi Budaya

Tidak ada akulturasi budaya kalau tidak ada infrastruktur yang menunjang ataupun kebutuhan diantara kedua suku. Akulturasi antara Jawa dan Sunda terlihat jelas. Di sinilah orang Jawa dan Sunda berbaur menjadi satu. Saya pikir orang Jawa di kereta ini lebih mendominasi terutama dari para pedagang. Kebanyakan pedagang bersuku Jawa sehingga mau tidak mau banyak akulturasi misalnya dengan adanya Sunda Badeol yakni bahasa Sunda dengan logat Jawa. Sebenarnya pedagang dari kedua belah pihak mempunyai wilayah sendiri misalnya pedagang dari Banjar hanya sampai ke stasiun Sidarja saja dan sebaliknya.

Sumber jakober.worpress.com

Pergerakan manusia Jawa lebih banyak mengambil andil dalam proses akulturasi ini. Kenapa saya bisa menyimpulkan seperti itu?! Karena saat itu kebanyakan penumpang kereta lokal ini adalah orang Jawa yang mencari penghidupan di wilayah Jawa Barat. Penghidupan mereka jalankan sebagai pedagang yang membeli bahan mentah ataupun barang yang khas dari Jawa Barat misalnya gula aren, ataupun barang lainnya. Begitu sebaliknya orang Jawa banyak berjualan baju batik, makanan tradisional, tembakau dan yang lainnya. Selain sebagai ajang mencari penghidupan, kereta ini sebagai wahana para diaspora Jawa untuk pulang kampung ke tanah leluhurnya (biasanya wilayah Banyumasan).

Semenjak berhenti beroperasi, diaspora Jawa sangat jarang untuk pulang ke tanah leluhurnya bisa dibilang setahun sekali saat lebaran. Dan perkembangan akulturasi pun seperti berjalan sangat lamban. Akankah kereta lokal ini dibuka kembali untuk kepentingan perekonomian di wilayah selatan Jawa? Semoga saja suatu hari nanti dibuka kereta lokal yang bisa menhidupkan kembali perekonomian rakyat di wilayah ini. Saya kira jika diadakan kembali akan sukses karena sistem keamanan dan sistem kereta api sekarang lebih manusiawi dan beradab.

Jika dihidupkan kembali dari stasiun mana ke stasiun mana? Saya sendiri akan lebih senang jika dihidupkan kembali dengan rute Tasikmalaya - Kutoarjo/Kebumen jadi lebih luas lagi. Semoga saja ya!

Salam

Komentar

Unknown mengatakan…
wah beruntungnya saya nemu blog nya sampean mas 😁😁
oiya mas boleh minta kontak yang bisa di hubungi?
Waluyo Ibn Dischman mengatakan…
Bisa inbox ke Instagram @ibdisch atau email ke dischman.waluyo@gmail.com ditunggu ya!
Unknown mengatakan…
mudah2an saja segera diaktifkan kembali... biar stasiun2 yang dulu dilewati kelihatan rame lagi.
leosarwono mengatakan…
Dulu jalan kaki dari rumah ke stasiun, sering banget mau ketinggalan🤣
Ashar Hidayat mengatakan…
Ikut terkenang
Bita Riani mengatakan…
Kalo bisa ka Banjar Kroya lokal aktif lagi

Saya tinggal di Langen Sari jauh untuk naik kereta api dan kalo bisa kereta Serayu berhenti di stasiun Langen

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Sebutan Bentuk Penis dalam Tradisi Bali

Unggahan kali ini terinspirasi dari status ataupun thread  dari seorang netizen dari dunia Twitter @Kismin666oys. Thread ini sangat menarik sekali dan isinya pun sangat jarang sekali dibahas, terlebih Indonesia negara yang agamis. Netizen ini berasal dari Bali, tahu kan Bali?! Pulau indah penuh seni, agamis dan surgawi. Selama ini saya plesiran di wilayah Indonesia hanya ada dua wilayah yang menjual dengan "pantang" kontol-kontolan alias hiasan berbentuk penis. Dua wilayah itu adalah Jogjakarta dan Bali saja, yang lainnya masih malu-malu. Dalam dunia kesehatan penis dianggap hal lumrah, namun di kalangan masyarakat awam Indonesia adalah hal tabu. Tapi tidak demikian jika kita mengorek sejarah leluhur kita, semisal saja candi Sukuh yang terkenal penggambaran betapa sucinya hubungan seksual. Pada agama leluhur yang kini masih eksis di Bali dalam beberapa kitab ada ajaran suci mengenai seksual yakni Kamasutra. Ilmu olah seksual yang diperuntukan untuk menuju kesempur

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d