Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Musyawarah Burung Prosa Klasik Persia

Adalah prosa klasik dari Timur Tengah yang sarat akan mistik dan kesucian agama. Karya klasik ini ditulis oleh Fariduddin Attar pada abad ke XII dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Hartojo Andangdjaja pada tahun 1983. Karya klasik ini diterbitkan oleh PT Dunia Pustaka Jaya dan dilindungi oleh negara, dalam arti buku ini pada saat itu tidak diperjual belikan secara bebasan. Namun buku ini menjadi koleksi perpustakaan sekolah-sekolah dan perpustakaan instansi milik negara.

Fariduddin Attar adalah seorang sufi yang terlahir di Barat Daya Persia, beliau lahir sebelum Rumi. Karya-karya beliau salah satunya Musyawarah Burung yang menceritakan kisah yang syarat akan makna akan pendekatan Tuhan oleh manusia yang dilakukan seperti apa yang dilakukan oleh para sufi. Tahapan demi tahapan untuk mendekati Tuhan diceritakan pada perjalanan semua burung menuju Simurgh, hingga akhirnya 30 burung mencapainya. Di situlah gambaran dari perjalanan manusia yang nantinya akan disadari menyatu dengan Tuhannya, jika semua rintangan yang terlewati terselesaikan dengan selamat.

Pada awal pembukaan terdapat Madah Doa dimana penulis dengan indah menceritakan keagungan Tuhan dengan berbagai keistimewaan nabi-nabi, hewan-hewan dan tumbuhan yang terpaut pada Kisah-kisah nabi pada masa lampau. Ada permainan kata di dalamnya baik secara harfiah maupun secara bahasa sastra. Bagi pembaca yang beragama selain Islam, Yahudi dan Nasrani mungkin tidak akan terlalu mengerti. Bagi umat Islam adalah sesuatu yang cukup gampang dimengerti terlebih lagi latar prosa klasik ini sebagai karya yang ditulis oleh penulis Islam. Agama Nasrani dan Yahudi tentu saja dapat memahami prosa klasio ini karena keterkaitan antar agama, dimana Yahudi menjadi agama monoteis (Ibrahimic) pertama, kemudian ada Nasrani atau Kristen dan selanjutnya ada Islam.

 
Prosa klasik ini menyingkap sanjungan atas cerita setiap burung yang terpaut pada cerita nabi-nabi, memuji segala jasa, segala keindahan ilahi yang berada pada burung itu.

Setiap burung diberikan kesempatan untuk mengungkapkan argumentasinya, awal sekali burung Hudhud diberikan keistimewaan sebagai pembuka musyawarah. Burung Hudhud ini memang dianggap burung suci dan masuk, juga disebut-sebut dalam Alquran, sehingga menjadikan burung ini sebagai burung istimewa. Pada pidato pembukaan burung Hudhud memerintahkan untuk mencari burung Garuda atau Simurgh untuk mencapai raja abadi dengan segala yang ada. 

Burung di sini melingkupi semua unggas dan sejumlah burung mitologi seperti Humay, sejenis burung imajiner dari budaya Latin. Jika dilihat dari susunan suatu musyawarah boleh dibilang burung Hudhud adalah seorang moderator dan juga seorang penasehat yang melebihi kepercayaanya. Dirinya menginginkan agar semua burung tidak lelap diri pada keindahan yang dimiliki, kesenangan yang didapat dan segala hal yang surgawi pada kehidupan setiap masing-masing jenis burung. Hudhud lah yang selalu mengarahkan untuk selalu menuju Simurgh si burung Garuda.

Bagian ini tidak hanya menuliskan argumen setiap burung, tapi juga menyisipkan cerita lainnya dari golongan manusia seperti stempel Nabi Sulaiman, Mahmud dan Orang Alim, dan banyak cerita lainnya yang berisikan hal yang religius nan mistik. Pada umumnya cerita selingan, selain burung sebagai peniyingkap rasa semangat untuk burung itu sendiri untuk mencapai Simurgh. Cerita selingan umumnya cerita dari para sufi, beberapa ada juga cerita yang diambil dari Cerita Seribu Satu Malam. 

Judul: Musyawarah Burung (The Conference of Birds)
Penulis: Fariduddin Attar
Penerjemah: Hartojo Andangdjaja
Penerbit: PT Dunia Pustaka Jaya
Dimensi: 253 halaman, 18 cm
ISBN: 979-419-007-1
Cetakan: Kedua 1986

Bahasa yang digunakan oleh penerjemah sangat mudah dipahami dan sederhana. Membaca prosa ini tidak dibawa pusing, bahasa mengalir halus dan lembut. Istilah-istilah Arab ataupun budaya lainnya diberi tanda catatan kaki di bawah halaman sehingga tidak merepotkan pembaca untuk mencari arti istilah tersebut.

Buku ini bisa dilahap dalam 24 jam saja, atau bisa juga dalam dua hari. Isinya sangat sederhana dan tidak membuat pusing. Jika ingin mendapatkan ilham yang banyak kegiatan membaca buku ini harus pelan dengan penghayatan yang dalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d