Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur

Berawal dari pengajian rutin dan hilangnya seorang teman, kebangkitan keimanan dari seorang pemudi bernama Kiran seakan-akan terkendala. Usaha menghapus kebosanan di pondok pesantren sirna sudah setelah bergabung dengan kelompok diskusi keagamaan di kampus. Sosok pemuda bernama Daihiri yang selalu aktif dan cerdas menjadi daya magnet kuat untuk Kiran dalam diskusi agama, hari demi hari berlalu dengan berbagai topik keagamaan. Biusan doktrin dari Daihiri merasuk ke sel-sel tubuh Kiran, kebimbangan atas desas-desus dari tetangga kamar di pondok ditepis dengan kekuatan doktrin Islam Kaffah dari Daihiri.

"Dengan tercerabutnya akar beragama yang memang kuakui sangat lemah itu, maka betapa mudahnya aku menerima dengan total semua doktrin gerakan di mana aku harus mengakui bahwa selama ini aku bukan orang Islam." Pembaiatan dan merasuk lebih dalam pada neutron hingga merajai segala dalam langkah dan alam pikirannya, Kiran terlahir kembali dan menjadi penyelamat akidah Indonesia. Cita-cita jemaat yang diikuti oleh Kiran mempunyai padangan yang berbeda jauh dengan ideologi Pancasila yang sudah dianut masyarakat Indonesia, mereka menginginkan Indonesia menjadi Negara Islam Indonesia, dengan hukum syariat Islam.

Kiran mulai tidak kerasan di Pondok Ki Ageng, sehingga memutuskan keluar dari pondok dan bergabung dengan jemaah yang diikutinya. Cukup banyak perbedaan diantara mereka dengannya, terutama ritual ibadah. Mereka hanya shalat berjamaah awal waktu, selebihnya hal yang biasa. Cukup jauh dari ekspektasi Kiran. Tiap bulan menginfakan uang 500 ribu untuk sebuah perjuangan Daulah Islam Indonesia yang dirintisnya bersama jemaat lain. Infak yang besar tidak menurunkan niat perjuangannya, terlebih ustadz yang mendoktrin "Kita boleh berbohong, sepanjang itu berkaitan ngan kepentingan Islam dan kerahasiaan perjuangan. Bahkan boleh menipu, mencuri, merampok, menjual barang-barang pribadi, maupun melacur. Ini jihad dan bukan untuk foya-foya. Dan Allah Maha Tahu itu semua."

Kecurigaan demi kecurigaan terhadap organisasi jemaahnya menjadi puncak dirinya untuk menjadi pengkhianat. Dua tiga orang kabur menjadi DPO pengkhianat jemaah Negara Islam Indonesia, sumpah serapah dari ukhti keluar bagai muntahan busuk sebagai kekesalan yang membucah. Kiran tersesat ke rimba kebebasan dengan banyak pohon tanya dan melenyapkan diri ke sebuah jurang kenistaan. Jurang kenistaan terbentuk akibat kekecewaannya pada apa yang pernah dipegang dan dipercayainya, waktu dari waktu menjadi liar dan menjadi diri Kiran yang terasing.

Masalah keluarga menghantam bagai palu godam dari jahanam, terseok-seok kehidupannya dalam ke-liar-an, nafsu farji, perindu kehakikian dan pendusta Tuhan. Kedustaan pada Tuhan memberinya kedekatan yang lain pada Tuhan yang pernah disapanya tiap waktu, tiap malam dan tiap tempat dia berada. Semua semakin hampa tanpa ada arah pada setiap falus yang mengeras, pada setiap cairan kental putih dan pada setiap kasur empuk.

Rasukan-rasukan meresap halus ke penjuru sisi neuron dalam otaknya, kini perkelaminan yang dinikmati tanpa sebuah harga menjadi sampah busuk yang harus ditinggal. Martabat perkelaminan naik menjadi sebuah nominal yang prestisius dalam dolar maupun rupiah, namun kekecewaannya masih ada. Setiap belai kulit, setiap ritme erangan, setiap mililiter sperma membawa kekecewaan yang pendam, walau sedikit hilang saat orgasme. Permainan perspektif mencuat dalam setiap sudut bulat kornea matanya, kini Kiran menjadi Kiran yang ada. 

Novel ini sungguh menampar pipi  sisi manusiaku, aku yang munafik, aku yang tak kuat iman, aku yang skeptis, aku yang ragu Tuhan, aku yang aku. Seakan menjadi titik koordinat kehidupan yang menjadi titik tumpu untuk berpindah ke garis X ataupun Y. Ini novel kedua filsafat setelah Atheis karya Achdiat Karta Mihardja yang saya baca dan dua kali aku tertampar sebagai manusia. Semakin banyak paragraf terbaca, semakin banyak rumput tanda tanya yang berjejer bak rimbunan toge. Bagi yang suka filsafat jelas novel ini bagai seorang guru kehidupan walaupun sebatas fiksi, tapi bagi yang kurang suka filsafat bisa jadi hal yang memuakan. 

Bahasa yang digunakan bagiku relatif berat untuk dicerna terlebih pada istilah-istilah Arab atau Islam, istilah ini menjadi tugas pokok untuk menyambungkan antar kalimat agar terjaga keindahannya. Satu demi satu istilah-istilah tersebut ditulis, termasuk istilah filsafat yang baru aku tahu. Bagi yang malas mencari arti istilah mungkin sangat disayangkan, karena akan menyita waktu untuk membuka kamus atau mesin pencari Google. Harapan praktisnya ada catatan kaki untuk kelancaran membaca, terlebih untuk para pembaca yang terlalu lemah untuk membuka lembaran kamus.

Alur cerita berjalan dengan mulus tanpa curiga pada keadaan yang menyolok ataupun pada perubahan nasib yang spektakuler. Semua seperti jalannya kehidupan biasa pada seorang mahasiswa di kota besar. Episode kehidupan tidak banyak kejutan, hanya saja kandungan filsafat yang banyak menampar pipiku. Hanya sayang saja rasa greget hilang saat episode pendoktrinan yang terbongkar, padahal ini adalah sisi kritis yang bisa membuat pembaca terhentak. Sayang episode ini disingkat hingga kepindahan ke Jakarta karena ayahnya sakit. 

Ada pertanyaan besar selepas rampung membaca: Pertama, Sebenarnya Kiran itu mahasiswa jurusan apa? Kok dia mempunyai dosen filsafat padahal diceritakan dia berpendidikan D3 Pariwisata dan S1 Hubungan Internasional, dan kedua jurusan tersebut tidak memuat mata kuliah filsafat. "RAHMANIDAS SIRA, Tentu itu bukan nama dewa yang kukenal dalam mitologi Yunani seperti yang di dongengkan dosen filsafat." Kedua, kenapa Kiran tidak dikejar polisi atau menjadi DPO, padahal orang yang didoktrinnya di Wonosari dikejar polisi. Kedua pertanyaan itu selalu mengusik ruang berpikirku, ah rasanya pengin bertanya langsung ke penulisnya.

Tidak usah diragukan lagi bahwa buku ini adalah seorang guru kehidupan yang pantas diserap untuk bekal kehidupan selanjutnya. Banyak pelajaran yang terkandung dalam alur cerita di sini, pertanyaan ketuhanan, feminisme, pemikiran modern, dan eksistensi manusia itu sendiri. "Kuberitahu kalian semua. Hai, semuanya: masyarakat bumi adalah masyarakat pecandu yang sudah sangat jauh lari dari resensi mereka hidup. Mereka bisa bertahan hidup hanya dengan candu. Kulihat mereka sekarang dalam kondisi mabuk. Hidup mereka jadi stagnan, mandek. Bagaimana tidak, inti hidup itu sendiri, yang memandu kehidupan mereka, ialah ke keyakinan tentang Tuhan yang tak pernah jelas dan sesungguhnya rapuh."

Judul: Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur
Penulis: Muhaimin M Dahlan
Tata letak: Taman Air
Sampul: Jaquelesto
Dimensi: 269 halaman, 12x19 cm
Cetakan: Ke-16 tahun 2016
ISBN: 979-99461-1-5
Penerbit: Scripta Manent

"Mati atau tiada? Sama saja. Kau ciptakan aku untuk sesuatu yang tak kumengerti."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d