Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Mampir Ke Madura

Suramadu

Pernah berkeinginan untuk melintasi atau menyebrang selat Madura dengan jembatan, dan akhirnya semua terjadi pada akhir tahun 2016 lalu. Fery  namanya, arek Suroboyo bekerja di Kalimantan Timur sedang pulang ke kampung ke Surabaya. Dia menantang saya untuk bertandang ke Surabaya dan menjajal menyebrang selat Madura lewat jembatan Suramadu yang terkenal itu. Berfikir panjang sebenarnya menerima tantangan itu, duit di saku memang sudah tidak tebal lagi, tapi sampai kapan memendam 'ngidam' ke Madura?!. 

Senja Di Suramadu - Bangkalan

Tiket kereta Pasundan hanya Rp 96.000 bolak balik Rp 192.000 dihitung dengan lainnya bisa kayaknya habis Rp 500.000. Perkiraan tersebut mengacu untuk segera membeli karcis kereta beserta oleh-oleh sebagai 'upeti' untuk tuan rumah. Persiapan semua sudah matang, tuan rumah sudah menanti. Wah senangnya bisa plesiran lagi! (ngenes duit). 

Singkat cerita, rencana hari itu ke pulau Madura. Perjalanan dari bilangan Mastrip ke jembatan Suramadu sekitar 1 jam lima menit, hitungan itu sudah termasuk kemacetan di setiap sisi Surabaya. Beruntung saat itu langit Surabaya tidak terlalu terik bahkan banyak gumpalan awan. Syukurlah. Berjalan menembus jantung Surabaya hingga bibir pesisir Surabaya di utara. Berbagai pemandangan khas kota sibuk, mulai dari kemewahan bangunan megah hingga pemukiman kumuh di sudut kota, sesuatu yang komplek dan wajar di setiap kota besar. 

Sedikit Pose

Memasuki wilayah jembatan Suramadu tampak lebar badan jalan dengan lampu-lampu penerangan jalan yang tertanam di pinggir kiri kanan jalan. Wah rasanya tidak sabar lagi untuk menyebrang jembatan ini. Beberapa gardu pembayaran tersedia seperti di jalan toll, Tapcash BNI saya keluarkan untuk membayar jasa penyebrangan. Tapi ternyata gardu pembayaran tidak berfungsi dan bahkan tidak ada petugas yang berjaga. Usut punya usut toll jembatan Suramadu sudah dibebaskan dari segi biaya kepada para pengguna jasa penyebrangan. Wah sesuatu yang luar biasa. Dengan pembebasan biaya saya pikir akan 'membakar' ekonomi kedua kota/pulau yang terhubung.

Jembatan Suramadu dinamai dari kedua tempat yang dihubungkan yakni SURAbaya dan MADUra. Jembatan ini dibagun sejak 23 Augustus 2003 dan selesai pada tanggal 1 Maret 2009 dan digunakan pada 10 Juni 2009. Panjang jembatan ini 5. 438 meter dan lebar 30 meter, dengan lebar cukup panjang sehingga mempunyai 8 lajur hingga mempunyai jalur khusus untuk sepeda motor.  Lajur sepeda motor berada paling sisi dari jembatan jadi mesti hati-hati saat angin laut kencang. Awalnya jembatan ini berbayar karena di kelola oleh Jasamarga tapi saat saya kesana sudah tidak berbayar lagi. 

Pengaman Besi Tua Kapal

Suramadu, bagi saya sangat keren sekali dan pantas menjadi sebuah objek untuk menghibur diri dari kepenatan. Lampu-lampu jembatan menghias saat petang hari ditambah kelip lampu dari perahu nelayan. Wah sangat luar biasa indah. Saat itu memang lampu warna-warni tidak dinyalakan, mungkin hanya hari tertentu saja. Walaupun demikian kecantikan Suramadu tidak terkalahkan. Saat pulang menuju Surabaya, saya sempatkan diri untuk menikmati matahari terbenam dengan kelap-kelip lampu di Suramadu.

Bukit Kapur Jeddih 

Bangkalan dan Surabaya seakan satu pulau karena akses yang mudah tanpa harus menyebrang menggunakan ferry ataupun transportasi laut lainnya. Ya dulu sebelum adanya Suramadu Bangkalan dengan Madura terasa sangat jauh menurut penduduk Surabaya. Ya wajarlah dengan menunggu ferry satu jam saja orang akan malas untuk bolak-balik Madura - Surabaya. Bersyukur adanya Suramadu.

Dari Puncak Bukit Jaddih

Rawa dan sawah-sawah membentang sepanjang sisi jalan, bangau putih melayang, hinggap dekat pembajak tradisional dan terbang lagi ke arah lainnya. Pemandangan dan atraksi menajubkan! Saya tidak sempat memotretnya, Fery sangat kencang sekali mengendarai motornya. Kota Bangkalan semakin mendekat dan mendekat, kerumunan orang, kesibukan tampak di sudut manapun di kota kecil ini. Cukup kagum dengan Bangkalan yang bersih dan rapih terutama di komplek pemerintahan seakan membawa saya ke zaman kolonial. 

Fery memberi saya dia pilihan untuk berkunjung ke bukit Jaddih atau ke bukit Arosbaya, kedua tempat itu memang tempat wisata buatan dari hasil pertambangan batu kapur oleh masyarakat sekitar. Bukit itu juga masih berlangsung kegiatan pertambangan, lumayan ngeri juga saat berwisata banyak kendaraan besar proyek pertambangan lalu lalang. Karena Arosbaya cukup jauh dan tidak menjangkau tempat-tempat menarik lainnya di Bangkalan, akhirnya saya pilih ke Bukit Jaddih yang lumayan dekat. 

Selalu Sendiri

Memasuki wilayah wisata bukit Jaddih, Kami diminta oleh oknum warga yang menarik uang Rp 2000-3000. Risih juga sih walau uang tidak seberapa tapi karena dia 'Pak Ogah' jadi males rasanya. Tiket resmi masuk wilayah ini sekitar Rp 5000 kalau tidak salah. Cukup murah untuk menyaksikan keindahan di bukit Jaddih. Apa yang bisa dinikmati di sini?? Di sekitaran bukit Jaddih ada beberapa titik yang bisa dinikmati misalnya waterboom ataupun kolam renang, kolam biru bening, gua-gua dan bukit kapur sendiri. Dari beberapa titik yang paling terkenal di kalangan anak muda terutama pengguna Instagram saat itu adalah kolam biru bening. Untuk memasuki kolam biru bening ditarif Rp 5000 perorang. Untuk menaiki rakit Ada tarifnya sendiri. Saya sendiri hanya bisa menyaksikan dari atas saja, beruntung saya tidak ditarik tiket karena lama ngobrol dengan penjaganya. Beruntung! 

Motor bisa sampai dibawa atas perbukitan, boleh saja jalan kaki tapi lumayan jauh dan nanjak. Di atas sana pemandangan sekitaran Bangkalan terlihat, selat Madura pun terlihat. Sungguh cantik!  Jangan lupa saat traveling di sini bisa membeli beberapa jajanan di warung sambil berbicara adat budaya setempat. Khawatir, setelah membaca amaran yang ditulis di sebuah kertas yang menggantung di warung. Isi amran itu adalah " Awas Begal! Jangan pulang terlalu larut malam, jangan lewat jalan sepi sendiri, jika dibegal hubungi bapak Xxxx dengan nomor Xxxx" begitulah kira-kira isi amaran tersebut. Saat itu memang rawan begal, saya pun bertanya akan kebenaran tersebut. Dan penjaga warung pun mengamininya. Cukup waspada saja.

Kolam Biru Bening Jeddih

Awan tebal telah melahirkan hujan yang cukup romantis saat itu, sayang saya bersama laki-laki jadi kata romantis tidak biasa keluar! Beruntung senjata utama saat musim hujan selalu dibawa. Merasa bersyukur sih, kasian juga anak-anak sekolah yang hits itu baru datang tapi sudah kehujanan. Lapar melanda perut kami yang sebelumnya hanya diisi oleh beberpa lembar roti tawar beserta selai. Tersadar bahwa makanan favourite saat hidup di Bekasi adalah bebek Madura. Kesempatan ini juga tak saya lewatkan. Segera tarik gas Mang.......

Kolam Renang Bukit Jaddih Dari Atas

Olahan Bebek Istimewa

Rumah makan yang tenar itu dipinggir jalan raya dan suasana parkir cukup penuh oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Sampai-sampai ruang parkir diberi batas dengan tali rafia. Warung makan itu cukup sederhana dengan dinding setengah terbuka. Fasilitas yang tersedia seperti mushola juga ada. Warung ini menggunakan tempat duduk seperti rumah makan sederhana lainnya. Pemesanan bisa langsung ke dapur yang ada di depan. Di situlah para juru masak terlihat sibuk mempersiapkan pesanan. 

Bagi saya bebek Madura adalah kenikmatan tersendiri. Tidak jauh beda sih rasa antara bebek Madura di Bangkalan maupun di Jakarta maupun Bekasi. Enak....enak.... Untuk harga cukup terjangkau.

Mercusuar Bangkalan

Masih banyak waktu yang ku punya. Bingung mau kemana lagi. Kupikir pulau Madura kecil bisa dikelilingi sampai sehari saja ternyata tidak! Penginya sih ke Sampang ataupun Pamekasan. Tapi sudahlah pilih yang dekat-dekat saja. Lokasi Bebek Madura Sinjay tidak jauh dari mercusuar, kira-kira sekitar 15 Km kalau ditempuh dengan sepeda motor menghabiskan waktu 26 menit saja. Jalan menuju mercusuar begitu mulus dan rata-rata lurus. Sepanjang jalan akan dimanajakan oleh beberapa hutan bakau dan empang-empang untuk ikan. 

Mercusuar Bangkalan

Mercusuar Bangkalan ini tentunya warisan dari pemerintahan kolonial dulu. Menurut plakat yang tertempel di mercusuar dibangun tahun 1879 Yang diminta oleh Z.M Willem III untuk keperluan navigasi di wilayah selat Madura. Petugas tidak ada di sana mungkin sedang libur jadi saya tidak bisa naik ke atas mercusuar yang tingginya 65 meter. Karena tidak bisa masuk ke atas mercusuar, perjalanan kami lanjutkan kembali ke Surabaya. Sepanjang perjalanan saya sangat menikmati sekali susana aktivitas penduduk lokal terutama nelayan dan para pekerja yang membongkar besi tua sebuah kapal besar.

Semoga bisa kembali ke Madura lagi!
Salaam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d