Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Meneroka Hutan Lindung Pamarican

Inilah artikel perdana di tahun 2017 yang katanya tahun ayam api. Peruntungan apa yang akan terlihat di tahun ayam api ini entahlah namun saya harap blog ini akan selalu bermanfaat bagi setiap pengunjung. Soal resolusi tahun baru memang banyak yang tidak tercapai karena mungkin terlalu malas atau terlalu muluk. Walaupun tidak tercapai dengan persentasi sempurna alias 100% dengan kekuatan Tuhan saya diberi kesempatan kembali untuk mengapai mimpi yang masih tercecer di tahun 2016.

Bicara soal resolusi yang tercecer dari  dari tahun-tahun sebelumnya kali ini si ayam api memberi saya kesempatan menyelesaikan mimpi untuk menjelajahi hutan lindung yang dekat dengan rumah saya. Sejak kecil saya sudah punya rencana ini namun selalu gagal karena berbagai alasan yang menurut sebagian orang tidak masuk akal dan selalu berhubungan dengan pikiran-pikiran kemenyan. Memang hutan lindung di Gegerbentang - Pamarican bukan soal hal - hal mengenai kebuasan hewan liar yang ada di dalam hutan namun juga soal hal yang membuat bulu kuduk Anda berdiri karena rasa takut akan hal - hal tersebut. Bukan hanya satu titik saja tempat pembakaran kemenyan di Gegerbentang namun terhitung cukup banyak dan uniknya setiap suku mempunyai tempat pembakaran menyan tersendiri misalnya orang sunda mungkin lebih dekat di Panembahan Gunung Meri dan Orang Jawa lebih ke Panembahan Mbah Mataram.

Pose Sandaran Dekat Jurang
Bersyukur sekali saya mempunyai teman baik di wilayah desa Sukahurip yang sudah 'khatam' tentang hutan lindung Gegerbentang. Tanpa mereka mungkin saya hanya bisa memandang keindahan Gegerbentang dengan hijaunya hutan lindung yang berada di tengah - tengah hutan homogen jati!. Terima kasih untuk Mas Anas dan Zaenal yang sudah menjadi 'Si Ayam Api' yang membakar impian
Rencana memang lebih awal dideklarasi oleh penggagas utama yakni mas Anas namun karena tidak sesuai dengan aktivitas 'pengangguran' saya akhirnya saya mengusulkan menjadi hari Senin tanggal 9 Januari 2017. Akhirnya semua menyetujui. Demi kekompakan saat di meeting point akhirnya saya menginap di rumah Zaenal.

Seperti orang Indonesia lainnya saya dan yang lainnya mengubah perjanjian keberangkatan dengan malas - malas di tempat tidur yang mempunyai gravitasi lebih kuat daripada gravitasi bumi. Hehehehe. Sekitar jam tujuh pagi kami bertiga berangkat untuk menjelajahi hutan lindung Gegerbentang. Berbekalkan air mineral 1500 ml bagi kami bertiga sudah cukup untuk menghilangkan dahaga selama perjalanan nanti. Entah lupa atau memang tidak sengaja kami tidak membawa makanan berupa karbohidrat sebagai pasokan energi. Beruntung sekali selama perjalanan saya dan teman - teman tidak ada masalah kesehatan karena kekurangan karbohidrat. Namun bagi siapa pun jika hendak ke hutan ataupun ke gunung harus membawa bakal yang cukup.

Jelajah kali ini lebih menyusuri aliran air atau sungai kecil yang mengalir di Gegerbentang. Melewati hutan homogen jati sekitar 1 kilometer dari pemukiman. Anda akan menikmati keindahan alam berupa huma yang ditanami padi gunung dan kacang - kacangan serta pohon jati yang baru ditanami. Beberapa jembatan kayu hilang sehingga harus turun ke saluran sungai yang lumayan dalam.

Menyusuri aliran sungai membuat hati berdecak kagum akan jernihnya air yang mengalir. Selain itu batu - batu yang terbentuk oleh aliran sungai menjadikan keindahan alam yang khas. Di aliran sungai ini terdapat kira-kira tujuh curug dan hanya beberapa yang mempunyai nama yang lainnya masih menggunakan nama urutan curug misalnya curug satu sampai curug tujuh. Curug yang mempunyai nama dan sudah terkenal adalah curug tiga yang dinamai sebagai "Curug Angin".

Ala Bali
Sesuai dengan kesepakatan kami menuju ke beberapa curug dengan menyusuri aliran sungai. Curug pertama tentu saja Curug Satu (Siji) yang tersusun oleh batu - batu yang berbentuk seperti meja dan berundak. Memang tidak terlalu tinggi namun tetap indah karena sifat air yang mengalir dari atas ke bawah. Menyempatkan untuk berfoto dengan menggunakan pakaian Bali.

Melangkah ke arah selatan lebih dalam lagi menuju hutan lindung yang gelap khas hutan hujan yang lebat dan hijau. Semakin ke arah selatan semakin tinggi permukaan tanah. Batu - batu di sekitar aliran sungai pun semakin besar besar. Di area sinilah saya merasa gusar akan keselamatan kamera saya.  Karena bukan barang murah tentu saja saya mengkhawatirkan selalu kamera saya ini sepanjang perjalanan yang penuh batu besar, aliran sungai yang deras, dan bebatuan yang licin. Sebenarnya saya membawa wadah yang air tight dan mempunyai water seal karena saya pikir kurang praktis akhirnya saya hanya mengalungkan kamera di leher.

Sekitar 50 meter dari Curug Satu terdapat Curug Dua yang mempunyai aliran air yang deras karena mempunyai ketinggian lebih dari 5 meter. Berbeda dengan Curug Tiga atau Curug Angin yang tepat berada di atasnya. Curug Dua ini tidak banyak angin yang berhembus dari derasnya air yang mengalir dari atas ke bawah.

Harapan memang tidak selalu didapat dengan mudah. Walaupun sudah membawa teropong alias binocular untuk melihat satwa penghuni Gegerbentang namun tak ada satupun satwa yang terlihat terkecuali semut dan ulet di pohon. Menyesal tidaklah harus diresapi karena keindahan alam liar lainnya masih membuat otak dan hati berdecak kagum.

Di atas Curug Angin kami memilih untuk mengunjungi curug Tujuh dan menyimpan Cadas Bodas sebagai destinasi eksplorasi selanjutnya. Curug Empat sampai Enam kami lewati karena akses yang terlalu jauh dan harus membuka jalan baru akhirnya kami langsung menuju ke Curug Tujuh.

Jalur menuju ke Curug Tujuh ini memang lumayan terjal karena memang jarang orang yang ke sana. Ada beberapa sisi jalan yang longsor juga dan ada pula jalan yang rusak karena amukan babi yang mungkin kelaparan. Sedikit lelah untuk menuju ke Curug Tujuh tentu saja karena akses yang luar biasa, tingkat ketinggian tanah dan kemiringan tanah pun bertambah.

Sekitar dua puluh menit perjalanan dari Curug Angin kami sampai ke Curug Tujuh yang mempunyai kharisma tersendiri. Begitu banyak kharisma di curug Tujuh karena mempunyai tingkatan beberapa tingkat dan yang tertinggi berada di paling atas yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter. Tipikal curug Tujuh ini yakni bertebing dan beberapa aliran curug di bawahnya mempunyai batu - batu yang sangat besar.

Curug Satu
Sinar matahari begitu menyengat di Curug Tujuh karena memang lokasinya lebih di pinggir jurang dan tebing sehingga sinar matahari masuk dengan leluasa berbeda dengan Curug Satu sampai Enam yang gelap karena pepohonan nan rindang. Aliran air tidak besar seperti curug lainnya namun lebih ringan dan selalu memercikan bulir air yang lembut kadang membias dan membentuk pelangi yang indah.

Tidak lupa untuk berpose a la Bali untuk mengabadikan momen indah ini.  Puas dengan berbagai pose yang membuat badan bosan untuk difoto. Akhirnya kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan sekaligus pulang.

Berbekalkan satu golok tajam kami membuka jalan baru untuk menuju kepala curug. Tentu saja kami menaiki tebing yang hampir mempunyai kemiringan 80 derajat. Bebatuan dan akar pohon yang kuat adalah tempat pijakan satu - satunya. Dalam hal ini memang sepertinya kami menantang maut. Beberapa kali saya terpeleset namun kekompakan dan izin Sang Penguasa saya selamat dari sebuah perpisahan antara alam halus dan kasar yang bisa disebut kematian.

Dalamnya hutan membuat semua tanaman tumbuh dengan berbagai kompetisi untuk mendapatkan unsur hara dan cahaya yang pas untuk proses pertumbuhan.  Beberapa pohon yang berkesan saya temui adalah pohon rotan yang barang kali hanya ada di hutan saja. Berbagai jenis rotan saya temui.

Zaenal, Anad dan Saya
Beberapa kali melihat tampak bekas cokeran babi yang mungkin kelaparan karena kehabisan makanan. Semakin ke dalam hutan lindung yang seharusnya satwa liar dengan mudah ditemui kali ini saya sama sekali tidak menemuinya. Dengan bangga dan rasa syukur yang tinggi saya mencapai hulu ataupun kepala curug. Luar biasa pemandangan di atas kepala curug karena di sini saya bisa melihat kota kecamatan Pamarican dan Cadas Bodas yang dipercayai seram oleh penduduk lokal.

Puas dengan segala rupa aktivitas di hutan kami pulang dengan jalur desa terisolasi; Dusun Ambulu yang masih masuk kedalam Desa Sukahurip. Di sinilah kami merasa lapar dan energi terkuras banyak.  Beruntung di pertengahan perjalanan Zaenal menemukan pohon jambu biji yang berbuah.  Akhirnya perut terisi juga!  Alhamdulillah.

Selamat jiwa dan raga adalah anugerah yang luar biasa yang diberikan oleh sang Gusti. Selain itu kenangan manis yang terekam dalam balutan megapixel dan pengalaman yang berharga membuat kami bersyukur lebih dalam lagi.

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d