Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Jenis Kenduri Kelompok

Sebelumnya saya telah menjelaskan beberapa kenduri yang diselenggarakan oleh perorangan dengan maksud tertentu,  kali ini saya ingin menjelaskan kenduri yang dilakukan oleh komunitas alias masyarakat. Kita akui bahwa adat budaya Jawa sangat rumit tentang upacara ataupun yang lainnya, kekayaan inilah yang membuat semua orang bangga dan banyak bersyukur pada Tuhan.

Tujuan utama dari kenduri kelompok ini biasanya mengharapkan sebuah kesejahteraan, bentuk terima kasih atas karunia Tuhan, dan segala tujuan yang diharapkan madya setempat. Kenduri kelompok tidak diselenggarakan di rumah perorangan melainkan di tempat umum atau fasilitas umum seperti Balai Desa, Lapangan, Masjid, Mushola maupun fasilitas umum lainnya. Kenduri ini diselenggarakan dengan dana desa atau kelompok tertentu baik melalui galangan dana maupun membawa tumpeng, makanan ringan dan minuman yang telah dibagi tugaskan kepada orang-orang yang berpartisipasi.

Hidangan Kenduri Kelompok, Foto Milik Bapak Kiyai Soedirman Moentari

Kenduri kelompok tidak ada undangan resmi melainkan kesukarelaan untuk datang. Tidak hanya laki-laki atau perempuan saja yang yang ikut serta melainkan semua kalangan. Karena mengharapkan suatu kesejahteraan, keselematan dan keamanan bersama maka yang datang dari berbagai kalangan jenis kelamin, usia, profesi dan yang lainnya.

Upacara prosesi kenduri diketuai oleh pemuka agama setempat biasanya per-RT, atau tergantung pada tingkatan penyelenggara suatu kenduri. Terdapat pembagian tugas pada sesi tawasul, sambutan maupun prosesi adat lainnya. Pakaian yang digunakan biasanya bebas tapi sopan, lebih mengutamakan pakaian dengan aturan agama Islam. Dalam waktu dan tempat berbeda kadang tidak ada aturan pakaian dengan cara agama Islam melainkan aturan norma kesopanan dalam berpakaian.

Hidangan yang dibawa tak ubahnya kenduri lainnya hanya tidak ada besek yang dibawa ke rumah, bisa dibawa ke rumah namun hanya berbungkus daun pisang, namun bisa jadi karena perkembangan zaman bisa dibawa dengan kotak nasi maupun pembungkus makanan lainnya. Hidangan utama biasanya berupa nasi tumpeng baik nasi putih, nasi kuning atau nasi gesek. Minuman yang disediakan utamanya adalah air teh dan air bening. Jarang sekali yang menyediakan air kopi maupun air jenis lainnya. 

Makanan yang tersedia biasanya hasil galangan dana masyarakat ataupun hasil sumbangan makanan langsung jadi dari masyarakat. Hidangan kenduri bersama ini lebih diutamakan dimakan bersama selepas doa ataupun selesai upacara kenduri. Keutamaan dari kenduri bersama selain doa bersama yakni terjalinnya hubungan yang harmonis antar individu ataupun kelompok masyarakat. Terjalinnya hubungan harmonis tercipta dengan sempurna dan menyenangkan saat prosesi makan bersama.

Kenduri Sawalan/Kenduri Bada

Kenduri kelompok ini termasuk dalam katagori kenduri rasa syukur atas nikmat sehat dan segala rahmat selepas melaksanakan puasa Ramadan satu bulan penuh dalam kalender Islam, Hijriyah. Kenduri ini dilaksanakan di mushola ataupun masjid selepas sembahyang Idul Fitri. Kenduri dipimpin oleh bapak Haji atau kiyai yang memimpin mushola ataupun masjid tersebut.

Makanan yang dihidangkan berupa tumpeng yang dibawa setiap anggota masyarakat dalam wilayah RT ataupun jemaat mushola/masjid tersebut. Tidak tersedia minuman karena sajian ini boleh dibawa pulang untuk dimakan oleh keluarga saat Idul Fitri.

Kenduri Suronan/Suro

Kenduri dilaksanakan untuk menyambut tahun baru Islam ataupun tahun baru kalender Jawa Islam sebagai bentuk rasa syukur akan tahun yang telah berlalu dan juga mengharapkan segala yang baik pada tahun selanjutnya. Diselenggarakan di Balai Desa, Lapangan, maupun fasilitas umum lainnya. Pengunjung bukan hanya dikalangan agama Islam saja melainkan semua penduduk yang ada.

Penyelenggara membuat gunungan yang terbuat dari hasil bumi baik buah-buahan maupun sayur-sayuran sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan. Di Surakarta maupun Yogyakarta juga disebut sebagai sekaten. Selain porsesi doa, ada prosesi adat budaya lainnya misalnya iring-iringan atau pawai kebudayaan. Pada umumnya diselenggarakan pada siang hari, ada juga yang diselenggarakan pada malam hari. Saat penyelenggaraan malam hari dilaksanakan di mushola, masjid, Balai Desa atau dalam ruangan.

Berbagai hidangan hasil sumbangan dana masyarakat ataupun sumbangan makanan dari masyarakat dimakan bersama setelah prosesi. Beberapa orang yang percaya akan menyimpan hasil prosesi rebutan gunungan sebagai sebuah berkah.

Kenduri Di Suriname, Foto Milik Bapak Kiyai Soedirman Moentari 

Kenduri
Munggahan Puasa

Kenduri kelompok ini termasuk pada ungkapan rasa syukur akan menyambut bulan Ramadan yang suci bagi umat Islam, tentunya dilaksanakan di mushola ataupun masjid terdekat. Kenduri munggahan dilaksanakan pada malam pertama bulan Puasa/Ramadan selepas solat sunah Ramadan (tarawih). 

Hidangan yang disediakan berupa tumpeng nasi berserta laukpauk. Dalam kenduri ini tidak disediakan minuman karena sajian ini untuk dinikmati saat dirumah menjelang sahur (makan terakhir sebelum fajar). Sumbangan hidangan dibawa oleh masyarakat yang mampu dan mempunyai dana untuk membuatnya. Bagi yang tidak mempunyai dana tidak mengapa jika tidak membawa tumpeng.

Lumayan banyak juga ya, mungkin saudara sekalian mempunyai adat kenduri kelompok lainnya yang lebih spesifik, silakan diceritakan pada kolom komentar. Semoga tradisi ini akan selalu lestari. Salam.

Pagi yang becek, 7 April 2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Sebutan Bentuk Penis dalam Tradisi Bali

Unggahan kali ini terinspirasi dari status ataupun thread  dari seorang netizen dari dunia Twitter @Kismin666oys. Thread ini sangat menarik sekali dan isinya pun sangat jarang sekali dibahas, terlebih Indonesia negara yang agamis. Netizen ini berasal dari Bali, tahu kan Bali?! Pulau indah penuh seni, agamis dan surgawi. Selama ini saya plesiran di wilayah Indonesia hanya ada dua wilayah yang menjual dengan "pantang" kontol-kontolan alias hiasan berbentuk penis. Dua wilayah itu adalah Jogjakarta dan Bali saja, yang lainnya masih malu-malu. Dalam dunia kesehatan penis dianggap hal lumrah, namun di kalangan masyarakat awam Indonesia adalah hal tabu. Tapi tidak demikian jika kita mengorek sejarah leluhur kita, semisal saja candi Sukuh yang terkenal penggambaran betapa sucinya hubungan seksual. Pada agama leluhur yang kini masih eksis di Bali dalam beberapa kitab ada ajaran suci mengenai seksual yakni Kamasutra. Ilmu olah seksual yang diperuntukan untuk menuju kesempur

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d