Asiknya Punya Perangko Pribadi

Tahu perangko kan?!
Kalau perangko prisma tahu?

Perangko prisma alias perangko pribadi yang dicetak menggunakan foto dari seseorang yang menginginkan fotonya/karyanya dicetak menjadi sebuah perangko yang sah. Perangko prisma tentu saja bisa digunakan di mana pun Anda berada selagi masih di wilayah republik ini. Perangko istimewa ini terletak pada gambar yang lain daripada yang lainnya, gambar pada perangko prisma mempunyai nilai sangat pribadi sekali bagi seseorang yang mencetaknya.   Perbedaan antara perangko prisma dengan perangko lainnya adalah nilai dari sebuah gambar yang bersifat pribadi, sementara perangko biasa dicetak massal oleh pemerintah dengan gambar yang sudah ditentukan oleh pihak pemerintah ataupun kantor pos.

Perangko Prisma Dengan Gambar Diri Saya Sendiri

Bagaimana cara membuatnya?

Perangko prisma tidak sama dengan perangko edisi lainnya yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah (kantor pos). Perangko prisma dibuat karena permintaan seseorang yang membayar untuk menjadikan foto/karyanya dicetak dalam sebuah perangko, pencetakan perangko prisma dilakukan oleh pihak resmi kantor pos (pemerintah) di kantor pos besar tertentu. Langkah-langkah untuk membuatnya cukup gampang, diantaranya:

1. Persiapkan dokumen berupa foto atau karya tertentu baik berupa softcopy ataupun hardcopy atau objek yang akan dijadikan gambar dalam perangko prisma.

2. Datang ke kantor pos besar tertentu, biasanya kantor pos setingkat keresidenan (Sub wilayah) misalnya untuk wilayah Keresidenan Priangan berada di kantor pos Tasikmalaya, di Wilayah Banyumas di Kantor Pos Purwokerto. 

3. Tanyakan pada costumer service untuk perihal perangko prisma.

4. Penyerahan dokumen softcopy ataupun hardcopy untuk dicetak dan pembayaran bea cetak.

5. Tunggu sampai petugas memberikan hasil dari perangko prisma yang anda pesan.

Sheet Perangko Prisma Bergambar Maestro Suling Bali, Gus Teja

Hanya lima tahapan saja untuk membuat perangko prisma! Cukup mudah sekali bukan?!. Selain mendatangi kantor pos yang menyelenggarakan pencetakan perangko prisma, anda mungkin bisa saja meminta bantuan kantor pos terdekat untuk mencetak perangko prisma yang anda inginkan. Dalam hal ini mungkin ada biaya tambahan atau perjanjian-perjanjian lainnya misalnya seperti waktu tunggu yang cukup lama dan yang lainnya.

Mahal Ya?!

Waduh soal biaya itu masuk ke dalam katagori subjektif antar individu. Buat saya biaya pembuatan perangko prisma cukup murah, untuk satu sheet saja dihargai Rp 3.2000. Dalam satu sheet terdapat 8 perangko prisma yang mempunyai nominal harga Rp 3000 perperangko. Kalau dihitung-hitung dengan uang Rp 3.2000 maka satu perangko dihargai Rp 4000 (Rp 32000÷8). Jadi ongkos percetakan hanya dihargai Rp 1000 perperangko. Cukup murah bukan?! terlebih perangko yang anda miliki mempunyai gambar yang anda inginkan.

Perangko Prisma Bergambar Gus Teja

Generasi millennial mungkin yang mencari alternative lain dalam berkomunikasi mungkin lebih cocok menggunakan perangko prisma sebagai alat pembayaran yang sah saat berkirim kartu ucapan ulang tahun, tahun baru, ataupun hal spesial lainnya. Mungkin ada kalangan generasi millinnial yang sudah muak akan ucapan selamat ulang tahun, ucapan tahun baru atau ucapan lebaran dengan menggunakan aplikasi perpesanan instan, kartu pos dan perangko prisma merupakan alternative yang sangat membuat orang lain berkesan. Silahkan mencoba dan rasakan keindahan rasa dalam menyampaikan kegembiraan dalam perayaan anda!.

Perangko prisma dibuat bukan satu sheet kertas tanpa pembungkus melainkan satu sheet dibungkus dengan kertas yang apik juga. Dalam sheet utama perangko bukan hanya isi gambar perangko saja melainkan satu gambar besar untuk foto yang terdapat di perangko prisma. Mungkin kalau dalam sebuah artikel, foto besar itu disebut 'judul'. 

Terima Kasih Fotografer Handal Zaenal Mustofa Untuk Foto Kerenya

Saya beruntung sekali mempunyai rekan Pak pos yang baik sejak zaman saya SMP sampai jebrog masih melayani dengan baik. Terima kasih pak Pos! Dengan bantuannya, saya bisa mencetak perangko prisma dengan foto yang saya sukai. Anda mau mencobanya? Ayo ke kantor pos!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Serapan Bahasa Portugis dalam Bahasa Indonesia

KAWERUH BASA: Peribahasa lan Saloka Jawa #27

KAWERUH BASA: Peribahasa lan Saloka Jawa #29