Mbrokohi: Kenduri Untuk Wanita Yang Mengawali Menopause Dalam Budaya Islam Jawa

Masyarakat Jawa mempunyai berbagai jenis upacara adat keagamaan yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa salah satunya kenduri mbrokohi atau disebut juga kenduri ke'ba. Kenduri ini sangat spesial untuk kaum perempuan, menarik bukan?! Mari kita baca lebih lanjut.

Mbrokohi berasal dari bahasa Jawa yang juga hasil pinjaman kata dari bahasa Arab yakni mbarokahi atau juga barokah yang berarti memberi berkah. Dari kosakata tersebut diketahui bahwa kenduri mbrokohi ditujukan kepada wanita menaupose sebagai ungkapan rasa syukur karena berkah dari Tuhan selama dia dalam masa productive terutama dengan adanya anak-anak yang terlahir dari rahimnya.

Seorang Ibu Sedang Menunggu

Kenduri ini sama halnya dengan kenduri yang lainnya dalam hal doa maupun hidangan, terkadang jika sang tuan rumah mempunyai rezeki lebih maka tak jarang memotong kerbau maupun kambing. 

Seiring berjalannya waktu dan perubahan budaya keagamaan, kenduri mbrokohi jarang dilakukan. Semoga masih tetap lestari walaupun sudah jarang dilaksanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kata Serapan Bahasa Portugis dalam Bahasa Indonesia

KAWERUH BASA: Peribahasa lan Saloka Jawa #27

KAWERUH BASA: Peribahasa lan Saloka Jawa #29