Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Pantai Bunton Kedua Kali

Pantai Bunton Adipala

Pantai Bunton?! Mungkin Anda sekalian belum tahu benar di mana lokasinya ataupun bagaimana pemandangannya. Baiklah, saya akan ceritakan kepada anda sekalian, plesiran kali ini yang merupakan kali kedua saya berkunjung ke pantai Bunton. Pertama sekali berkunjung ke pantai berombak besar ini saat saya masih kelas 5/6 SD (2002/2003) bersama sepupu saya, saat itu menggunakan kereta lokal Banjar - Kroya yang sekarang sudah tutup karena merugi akibat tidak ada pendapatan yang menguntungkan.

Pantai Bunton terletak di desa Bunton, kecamatan Adipala, kabupaten Cilacap. Pantai Bunton merupakan pantai landai dengan pasir hitam dengan sedikit biji besi, ombak sangat besar karena langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Hamparan pasir hitam  bibir pantai cukup luas dari ujung muara sampai muara sungai di wilayah pantai Selok. Jarak antara kota kecamatan Adipala dengan pantai berkisar 3,5 Km bisa ditempuh dengan sepeda motor ataupun mobil sekitar 11 menit saja. Kondisi jalan sebagian berlubang dan sebagian kondisinya cukup bagus dimulai dari kota kecamatan Adipala hingga pemukiman terakhir dekat pantai, setelah pemukiman terakhir jalan berupa pasir pantai yang lembut.

Sisi Barat Pantai Bunton Adipala

Sampah adalah masalah utama di pantai ini, tidak ada perawatan sama sekali dari pihak pemerintah desa maupun kecamatan. Penyumbang sampah terbesar kemungkinan dari pengunjung dan juga sampah yang terbawa oleh aliran sungai Serayu, perlu diketahui bahwa pantai Bunton sendiri adalah pantai muara, sehingga banyak sampah yang terkumpul dari arus sungai Serayu. Sampah yang ditemukan pada umumnya sampah plastik dan sampah organik seperti bonggol pisang, akar-akaran, kelapa dan yang lainnya. 

Tidak ada karcis! Pantai ini memang tidak ada pengelolaan yang baik karena pantai musiman yang ditarif saat musim liburan ataupun libur lebaran saja. Pada hari biasa hanya dikenai biaya parkir saja kepada penjaga warung ataupun penjaga parkir di sana, cukup memberikan Rp 2000 sudah menjamin aman untuk sepeda motor yang diparkirkan. Beberapa informasi mengatakan bahwa saat musim liburan ataupun saat lebaran pengunjung dikenai bea masuk pantai sebesar Rp 5000.

PLTU Bunton Adipala

Tidak ada jam tutup buka untuk pantai ini, jadi anda sekalian bebas datang kapan saja, tapi demi menghindari keselamatan jiwa dan harta saya sarankan untuk selalu datang pada jam-jam seperti biasanya misalnya pada jam 6:30 pagi sampai jam 5 sore. Pantai ini sangat sepi sekali, hanya beberapa warung saja yang buka pada hari biasa, sementara saat musim liburan atau lebaran banyak warung yang buka termasuk kolam renang yang terbuat dari terpal. 

Pemandangan yang bisa dinikmati berupa ombak besar Samudra Hindia, pemandangan bibir pantai di ujung timur dan bukit Selok/Srandil, sementara sisi barat terdapat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Pemandangan yang cukup unik dimana cerobong PLTU menjadi objek utama untuk foto, saat matahari tenggelam pemandangan ciamik juga menjadi hidangan utama bersama cerobong PLTU. Tersedia beberapa gubuk kecil yang disewakan, entah saat hari biasa disewakan atau tidak. Pantai ini tentu saja tidak bisa dinikmati untuk berenang dikarenakan ombak yang sangat besar dan tipe ombak yang membentuk seperti ada palung di dalamnya. Jadi sangat bahaya!! Biasanya para pengunjung berenang hanya sampai lutut saja.

Nelayan Pantai Bunton Adipala

Beberapa nelayan juga sering ditemukan di pantai ini baik nelayan dengan perahu ataupun tanpa perahu. Jika beruntung mendapatkan nelayan yang mendapatkan banyak ikan, anda bisa menawar ikan yang diperolehnya dengan harga murah. Hidangan khas lainnya yang tersedia di warung sekitar pantai hanya tempe mendoan saja!. Begitulah gambaran ringkas tentang pantai Bunton.

Kembali ke pengalaman saya plesiran ke pantai Bunton kemarin hari.
Sore hari itu sedikit mendung di wilayah barat dan utara sementara selatan cukup terang. Nyali saya untuk berkunjung ke pantai Bunton semakin mantap. Saya sendiri memilih pantai Bunton karena sudah lama sekali tidak ke sana dan cukup bosan dengan selalu berkunjung ke pantai Selok Srandil, itulah alasan utamanya. Sekitar 15 tahun lalu saya mengunjugi pantai Bunton bersama sepupu dan bibi saat liburan lebaran. Lima belas tahun tidak membuatku lupa jalan menuju ke pantai satu ini. Jelas saja jalan menuju pantai Bunton hanya satu dan lurus! Gampang diingat!

Mereka, Lupa Namanya

Xride menemani saya sampai ke pantai itu. Cuaca cerah berganti sedikit mendung dengan sisa cahaya matahari yang masih terpancar. Pantai tampak sepi dari pengunjung! Lebih dari sepuluh orang pengunjung saat itu termasuk saya. Pemandangan jauh berbeda saat pertama kali ke sini lima belas tahun silam, pantai tanpa pohon sekarang menjelma dengan sedikit pohon dan mempunyai objek utama lainnya yakni PLTU yang berdiri tepat di barat pantai ini.

Deburan keras ombak menghantam-hantam pasir hitam tanpa lelah. Sesekali menampar lebih keras hingga air menyambar ke daratan lebih jauh lagi. Hening tanpa suara bising, sedikit mencekam. Beruntung saat itu 5 orang perempuan muda cengar-cengir dengan kameranya dan beberapa menit kemudian tiga orang perempuan dan seorang lelaki datang. Masih dengan tujuan yang sama mereka datang hanya sekedar swafoto dan cengar-cengir bersama kawan yang akan segera berpisah setelah upacara kelulusan.

Bersama Mereka

Sesekali sorotan tajam lelaki itu menusuk ke arahku dan beberapa sorotan tajam tiga wanita itupun melihat ku, entah apa yang mereka perhatikan. Tampilan memang tua, berambut panjang tidak beraturan dan membawa kamera mirrorless. Mungkinkah mereka hanya tertarik melihat mirrorless? Bisa jadi karena umuran mereka senang berfoto.

Beberapa kali saya mencoba untuk menikmati keindahan alam dan keheningan pantai Bunton, namun sia-sia karena banyaknya suara dari para perempuan-perempuan muda itu yang sedang asik swafoto bersama teman dan pacar. Beberapa video dan foto saya ambil baik melalui kamera mirrorless maupun telpon genggam pintar yang saya bawa.

Jenuh juga tanpa teman bicara, saya beranikan diri untuk berbicara kepada seorang lelaki diantara mereka. Berbasa-basi dengan uang parkir dan jam tutup buka pantai hingga menunggu sunset. Akhirnya punya teman ngobrol juga dan berkenalan dengan satu sama lainnya. Dari mereka saya tidak ingat kembali nama mereka, beruntung salah satunya ada dalam Instagram.

Sampah Organik Yang Saya Dapatkan

Suasana saat itu tidak memungkinkan saya untuk berlama-lama terlebih akan pemandangan penuh sampah yang membuatku emoh berlama-lama. Cuaca juga tidak mendukung untuk melihat wajah mentari saat tenggelam. Akhirnya saya memutuskan untuk pulang kembali ke rumah bibi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d