Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Reuni Di Banyumas

Swafoto di warung Yudha (Yudha - Asegaf - Saya)

Tahu perasaan saat jumpa dengan teman?!
Itulah perasaan yang mungkin semua orang rasakan jika lama tidak bertemu. Dalam kesempatan perjalanan ke Dieng, Wonosobo saya menyempatkan diri untuk bertemu teman yang dulu pernah menolong dan menjadi teman setia saat plesiran ke Curug Tujuh di Baturaden, Purwokerto. Yudha dan Asegaf, dua orang asli Purwokerto yang sangat baik hati. Saya sendiri sudah bertemu dengan Asegaf dua kali, terakhir pada Desember 2017. Sementara dengan Yudha baru dua kali. 

Pagi jumat yang berkabut membangunkan ragaku terlalu siang, lelah dengan perjalanan Pamarican - Kalikudi membuat badan terasa nyeri dan lemas terlebih lagi tiga hari yang lalu sebagian cairan tubuh 'ditransfer' jadi kondisi badan cukup lemah. Wegah rasanya untuk bergerak dari kasur terlebih udara cukup dingin. Dari belakang rumah Bibi Keri berisik dengan semua peralatan masakanya dan terdengar beberapa kali teriakan kepada pedagang yang lewat untuk membeli jamuan pagi untukku. 

Eks Kantor Keresidenan Banyumas

Mata lengket oleh kotoran mata yang masih menempel, sapuan tangan menghilangkan kotoran dalam sekali usap. "Kopinè diinum sik yo!" Sahut Bibi Keri dari dapur. Sesekali aku timpali untuk menenangkannya. Satu dua suap tempe mendoan masuk ke liang mulut. Rasanya enak juga ya! lahap terus dan kopi turut habis dalam sekejap. Energi mengalahkan kemalasan pagi itu. 

Semua persiapan telah matang termasuk mandi pagi yang tak lama, super dingin soalnya! Beberapa pesan masuk dalam aplikasi WA dari Asegaf berisikan rencana-rencana selanjutnya di Banyumas! Ciuman pamit telah menempel di semua pipi baik pipiku maupun pipi Bibi Keri. Doa selamat jalan teruntai untuk keselamatan. 

Raungan Xride terkentut-kentut dan melaju hingga Banyumas. Sempat bingung saat mencari lokasi warung bakmi milik Yudha. Beberapa pesan WA terkirim namun belum terbaca. Kembali melihat aplikasi Google Maps, sebelumnya saya telah mencantumkan warungnya Yudha ke Google Maps, jadi dengan mudah saya menemukannya. 

Saya Dan Asegaf Pose Di Gedung Eks Kantor Keresidenan Banyumas

Sambutan hangat Yudha membawa saya masuk ke warungnya yang luar biasa! Wah keren sekali orang semuda dia sudah punya usaha yang keren! Salut buat dia! Pembicaraan bergulir dengan aktivitas dapur untuk keperluan dagang nanti sore, aku pun turut membantunya dengan mengiris bawang merah, mengiris kacang ercis. Bercengkrama dan bertukar pengalaman, pemikiran dan nasehat dengan asisten Yudha membuat saya semakin mantap dan optimis untuk menjalani hidup. Asisten Yudha adalah seorang ibu-ibu umur 40 tahun lebih tapi ternyata wajahnya yang ayu nan awet muda mengelabui mata saya sehingga nampak umur 30 tahunan. Dia memberikan tips sederhana dalam hidup "hidup sederhana dan berbahagialah" pesannya yang singkat namun berarti.

Yudha sepakat untuk berjalan-jalan keliling Banyumas. Saya dan Asegaf menyetujui dengan batasan waktu sampai jam 3 sore saja. Tempat pertama yang dikunjungi adalah bekas kantor Keresidenan Banyumas yang sekarang menjadi Kantor Camat Banyumas. Bekas kantor Keresidenan Banyumas ini sangat kental dengan arsitektur Indisch dengan jendela dan pintu yang besar dan juga dengan gaya art deco. Suasana bekas kantor Keresidenan itu cukup ramai oleh siswa yang sedang nongkrong di bawah rindangnya pohon maupun di pendopo. Sangat terbuka sekali kantor pemerintahan kepada rakyatnya, patut diacungkan jempol. Penasaran dengan apa yang ada di beranda bangunan utama, saya sengaja mendekat. Hiasan berupa foto sejarah masa kejayaan Keresidenan Banyumas dibawah pemerintahan kolonial saat itu terpampang dalam bingkai hitam putih. Penuh artistik. Jika dibandingkan dengan kondisi sekarang agaknya saya memilih kondisi saat masa kolonial dimana pohon besar lurus terawat dan tampak sangat alami, selain itu beberapa foto menunjukan keasrian taman di belakang kantor keresidenan. Dalam sejarah Keresidenan Banyumas meliputi wilayah kabupaten Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, dan Purbalingga. Banyumas sendiri merupakan Ibukota Keresidenan saat itu.  

Pendopo Keresidenan Banyumas

Beberapa foto tercipta di bekas kantor karesidenan. Hanya saja saya malas untuk berfoto, maklum rambut acak-acakan. Berjalan kembali ke arah selatan melihat Monumen Nasional Banyumas. Monumen ini mempunyai tinggi 800 cm saja dengan bentuk mirip seperti tugu Jogja. Dibangun pada tahun 1959 sebagai peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 14 dan sebagai peringatan bahwa keterlibatan masyarakat Banyumas dalam merebut kemerdekaan. Monumen Nasional ini diresmikan oleh presiden Ir Soekarno saat kunjugan ke Banyumas.

Matahari mulai memasuki titik paling lurus dengan tubuh pertanda masuk waktu solat duhur ataupun solat jumat, Yudha mengambil beberapa sarung untuk kami, sementara saya dan Asegaf menunggu di tempat duduk terbuka di alun-alun Banyumas tepatnya di depan pintu gerbang Masjid Nur Sulaiman, masjid raya Banyumas. Masjid Nur Sulaiman merupakan sebuah cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah setempat dengan adanya ketetapan dalam perundangan daerah. Masjid ini menggunakan arsitektur Hindu Jawa dengan adanya atap berundak. Istimewanya dari masjid ini dibangun dengan kayu. Saya sendiri tidak bertanya kepada petugas masjid tentang kayu yang digunakan. Beberapa data sejarah yang saya dapatkan dari halaman website Dinporabudpar Kabupaten Banyumas menyebutkan bahwa Masjid Nur Sulaiman dibangun pada 1755 saat masa pemerintahan Adipati Yoedanegara II dan diarsiteki oleh Nur Daiman Demang Gumelem I, bapak Nur Daiman juga merupakan seorang penghulu pertama untuk masjid Nur Sulaiman itu sendiri.

Masjid Nur Sulaiman Banyumas

Sebelum adzan berkumandang persiapan peribadatan kami mengambil air wudhu, kondisi saat itu memang belum begitu ramai oleh para jemaat lainnya. Bersyukurlah karena tidak perlu berdesakan. Masuk ke dalam ruang utama masjid terasa menyejukan jiwa raga, arsitektur Hindu Jawa menghiasi begitu megah dan indah. Selapas ibadah kami hanya duduk sembari ngobrol ngalor-ngidul tentang rencana perjalanan selanjutnya. Rasa penasaran membuat saya dan yang lainnya mengunjugi situs rumah bersejarah yakni rumah Adipati Banyumas yang kondisinya sudah tidak layak lagi. Saat itu rumah Adipati ada yang menunggu tapi hanya anak kecilsaja yang sedang menonton Tv sehingga tidak terjadi wawancara lebih lanjut.

Beberapa teguk es dawet ayu khas Banjarnegara masuk ke dalam kerongkongan yang begitu kering karena terik matahari yang luar biasa panas. Beberapa kali mataku melihat aplikasi Google Maps untuk mengetahui tempat menarik terdekat. Ternyata tidak ada tempat menarik terdekat lainnya selain tempat ziarah umat Khatolik di Kaliori. Tersebutlah komplek  Gua Maria  yang hanya sejengkal jaraknya dengan aliran sungai Serayu. Bagi saya ini adalah pertama kali mengunjugi situs suci umat Khatolik dan pertama juga untuk Yudha dan Asegaf. Tapi sebelumnya saya juga sering berkunjung ke tempat suci umat Kristen lainnya seperti Gereja namun baru pertama bertandang ke situs suci Gua Maria. Semakin penasaran dengan Gua Maria yang berada di Kaliori, kami bertiga berangkat ke lokasi.

Rumah Kepatihan Banyumas

Suasana hening nan damai, tampak satu rombongan peziarah menggunakan satu bus besar dan sudah bersiap dalam rangkaian peribadatan tangga/stase rosario. Puji-pujian mulai dikumandangkan dan kami pun mulai memasuki wilayah Gua Maria. Yudha tampak berani untuk masuk ke dalam, Asegaf tampak ketakutan. Entah apa yang membuat Asegaf takut. Saya jelaskan bahwa berkunjung bukan berarti pindah agama dan saya bandingkan plesiran ke candi Borobudur maupun ke Pura di Bali. Saya pikir pola pandang memang harus dirubah antara pemeluk Muslim agar lebih toleran. Sepanjang stase rosario saya jelaskan hubungan Islam, Kristen dan Yahudi dimana ketiga agama besar tersebut merupakan satu aliran atau juga kakak beradik. Penjelasan demi penjelasan mereka tampak mengerti dan lebih toleran ataupun lebih terbuka akan sudut pandang terhadap agama lainnya. Sesuatu yang luar biasa saat saya berbicara santai dengan jemaat yang sedang beribadah di gua. Selepas ibadah sepasang suami istri saya wawancara, pertanyaan demi pernyataan saya lontarkan bersambung dengan lontaran pertanyaan dari Asegaf dan Yudha tampak mengalir begitu damai. Sesuatu yang luar biasa. 

Berkunjung ke sini (Gua Maria) bukan untuk pelunturan iman tetapi untuk memantapkan iman terhadap agama saya sendiri yakni Islam. Saya sepakat bahwa Islam adalah agama universal yang penuh dengan kedamaian. Kepercayaan itu saya gunakan untuk melihat agama lainnya yang mesti dihormati. Kesempatan langka saya bisa berfoto dengan rosario yang dibawa dari Jarussalem oleh-oleh teman dari peziarah.

Pose Di Depan Patung Yesus Memberkati

Komplek Gua Maria Kaliori bertempat di desa Kaliori, kecamatan Kalibagor, kabupaten Banyumas. Menurut sejarah Gua Maria dibangun pada Augustus 1989 oleh Uskup Agung Purwokerto. Komplek Gua Maria mempunyai luas 5,6 Hektar dengan fasilitas taman rosario, jalan salib, tempat berdoa dan yang lainnya. Untuk memasuki wilayah ini tidak dikenai biaya apapun. Bukit Gua Maria dipenuhi oleh pohon rindang dengan taman yang apik.

Selapas perjalanan ke Gua Maria, kami kembali ke warung Yudha sesuai dengan rencana sebelumnya yakni jam 3 sore. Hanya saya yang menginap di warung Yudha, sementara Asegaf pulang karena ada temu janji dengan teman sekolah. Warung buka mulai jam 4 sore saat itu belum ada pelanggan, satu sampai dua jam pelanggan berdatangan hingga warung penuh pada jam 7-10 malam. Selain melayani pelanggan yang datang ke warung, Yudha juga melayani pelanggan yang pesan melalui telpon maupun pesan singkat.

Rosario Dari Jarussalem Yang Ku Pinjam

Sebelum ibadah sembahyang magrib saya menyempatkan diri untuk berjalan-jalan di sekitaran alun-alun Banyumas yang terkenal akan pesawat tempur yang menjadi icon alun-alun. Suasana saat itu tidak begitu ramai oleh pengunjung tapi bisa dikatakan cukup ramai. Banyak warga datang untuk berfoto di bawah tugu pesawat di depan air mancur. Anak-anak lainnya tampak ceria dengan berbagai permainan yang disewa dari pedagang mulai dari sepatu roda, mobil-mobilan, dan permainan memancing. Jajaran gerobak kuliner berjajar di sebelah utara alun-alun. Anak muda tampak nongkrong di sebelah sana.

Ikon Baru Alun-alun Banyumas

Mengisi waktu saya persembahan untuk membantu Yudha melayani setiap pelanggan yang datang ke warung untuk makan. Lelah sudah seperti malam hening dengan dentingan detik jam. Aku tertidur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Secangkir Kopi Instan Vietnam: G7 CA PHE THU THIET

Kopi Instan Vietnam G7 3In1  Pulang dari kantor perwakilan VOV di Jakarta saya mendapatkan beberapa oleh-oleh istimewa dari Vietnam, salah satunya kopi instan asal Vietnam. Jenama kopi instan itu adalah G7 CA PHE THU THIET, milik perusahaan besar kopi Vietnam. Perusahaan kopi ini menyediakan berbagai produk kopi instan yang didagangkan ke beberapa negara dunia. G7 CA PHE THU THIET mempunyai beberapa jenis diantaranya: G7 2in1, G7 3in1, Pure Black, Cappuccino, Strong X2, Passiona dan White Coffee. Di Indonesia sendiri kopi Vietnam G7 3in1 masih dijual secara online melalui Shopie.Id, Bukalapak dan yang lainnya. Setiap toko online membandrol harga yang bermacam macam, berkisar dari Rp 70.000 sampai 150.000.  Cara Penyeduhan Cara penyeduhan seperti pada umumnya kopi instan lainnya dengan air panas baik 80°C atau 100°C atau bisa menggunakan air es sebagai hidangan kopi dingin. Siapkan cangkir kopi, sobek bagian atas kemasan, masukkan kopi, tuang air panas atau d

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d