Langsung ke konten utama

Terima Kasih Telah Ditilang

Dapat titah dari mbak yu untuk membeli kompor gas dua tungku ke kota. Semua perlengkapan surat-surat kendaraan tak pernah saya lupa terelebih dengan peralatan safety riding wajib sekali. Saya sendiri selalu memakai helm walaupun naik sepeda motor dalam radius 1-2 km saja. Ya nilai kepala lebih mahal daripada nilai tilangan atau motor itu sendiri, dengan alasan tersebut saya selalu memakai helm. Orang kampung selalu mencemooh karena saya selalu memakai helm walaupun pergi ke jarak yang deket, biarlah mereka beragumen tapi saya tetap menghargai kepala saya yang satu ini. 

Peralatan safety riding diwajibkan bagi seluruh pengendara mobil maupun motor, aturan tersebut bukan untuk kepolisian tapi untuk keselamatan diri sendiri, jadi mohon jangan berfikir bahwa memakai helm untuk menghindari tilangan polisi, tapi berfikirlah memakai helm untuk keselamatan diri anda, ingat kepala lebih mahal dari semua harta yang anda miliki.

Sehabis pembayaran untuk membuat prangko prisma di Kantor Pos Pamarican, saya melanjutkan perjalanan ke Banjar untuk membeli barang-barang titah si mbak yu. Perjalanan terhenti di tanjakan Pangasinan, Binangun. Satu kelompok polisi lalulintas menertibkan semua pengendara mobil dan motor yang melintas tak terkecuali saya. Sang polisi yang ganteng khas wajah jawa menghampiri dengan ucapan selamat siang, dia meminta saya untuk menunjukan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Semua permintaan polisi saya turuti. Membuka dompet yang sebelumnya di simpan di bagasi motor dan saya serahkan. Polisi ganteng "Mas, anda saya tilang!". Terkaget kenapa saya ditilang?! Polisi menjelaskan bahwa motor saya telat membayar pajak. Wah berpikir lebih dalam dengan ucapan Pak polisi. Kok bisa ya saya tidak mengetahui kapan saya bayar pajak. Ya Tuhan!!! Kali ini baru saya tahu bahwa pajak motor harus dibayar setiap tahun sekali. 

Saya termasuk orang beruntung saat itu karena telah diberi penjelasan yang sangat rinci oleh Pak polisi. Berterimakasih sekali akan perhatian dari polisi tentang pajak maupun hal lainnya. Selain informasi soal pajak, Pak polisi memberi tahu tempat pembayaran pajak dan juga dokumen yang harus dibawa saat membayar pajak. 

Perjalanan kembali saya lanjutkan dan berbelanja. Salaam!

Dalam kamar di tengah hari yang mendung, 7 April 2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Parfum Garuda Indonesia: Parfum Yang Mempunyai Hukum

Dua tahun selepas keluar kerja dari Siloam Hospital Lippo Cikarang, saya sudah tidak mampu lagi membeli minyak wangi dari Oriflame. Wajar saja harga Oriflame sama dengan 33 kilogram beras super, tentu saja murah mahal tergantung kemampuan dan keberanian anda sendiri, terkadang keberanian dengan uang cukup ianya merasa harga tersebut dianggap murah. Tetapi kadang yang punya uang tapi, otaknya bilang mahal, tentunya jatuhnya mahal.
Oriflame dengan wewangian herbal ataupun bahan alam yang luar biasa, memang pantas dibeli dan dihargai dengan uang yang cukup banyak nol-nya. Parfum beraroma sandalwood alias cendana dari Oriflame sangat menarik hidung saya untuk selalu menggunakannya sebagai aroma identitas dari tubuh saya. Saya merupakan tipe orang jarang pakai parfum sehingga parfum Oriflame yang dibeli tahun 2012 masih belum habis sampai tahun 2017 hingga saya kasih ke sahabat terdekat di Sanur, Bali. 

Wewangian membuat saya merasa ketagihan terlebih wangi alam yang begitu menenangkan. T…

Jenis-Jenis Kenduri Dalam Adat Islam Jawa

Apakah menjadi orang Jawa ribet? Pertanyaan yang kadang diucapkan oleh teman-teman dari etnis lainnya. Tampaknya lucu sekali pertanyaanya, tapi inilah bentuk penasaran orang dari etnis di luar Jawa. Kadang saya juga bertanya demikian pada teman dari suku lainnya yang mempunyai aturan adat cukup rumit ataupun mempunyai upacara-upacara kebudayaan yang cukup rumit. Bagi saya pertanyaan tersebut merupakan sebuah rasa penasaran dan kekaguman orang terhadap budaya yang belum pernah mereka rasakan. 
Menyikapi sebuah adat budaya seharusnya tidaklah menyangkal dengan pengakuan mana yang terbaik mana yang terburuk ataupun pernyataan negativ terhadap budaya suku tertentu, ini akan menyebabkan luka yang mendalam dan bahkan akan menjadi bibit permusuhan hingga timbulnya perpecahan. Demi menanggulagi hal-hal yang menghancurkan hubungan suatu suku perlu ada pengenalan budaya kepada etnis yang lainnya. Dengan pengenalan ini diharapkan akan memberikan pengertian yang mendalam dari kelompok etnis tert…

Pernah Gudikan (Scabies)

Pernah dapat kutukan?! Entah kutukan dari siapa juga! Kutukan paling tidak dibayangkan dengan suatu keadaan yang tidak baik terutama kulit yang menjadi rusak, bentol-bentol ataupun bernanah dan lainnya. Biasanya gambaran kutukan di sintron Indonesia seperti itu. Entah kenapa kutukan selalu menjurus ke penyakit kulit. Mungkinkah karena kulit yang langsung nampak di mata sehingga orang yang terkena "kutukan" akan dihindari orang lain?! Bisa jadi.
Bagi saya dan manusia lainnya mungkin sepakat dengan apa yang saya pikirkan bahwa kulit merupakan komponen kepercayaan diri seseorang. Kepercayaan seseorang akan mundur ataupun turun ketika mendapatkan kulitnya bopeng, belang, ada jamurnya, bentol-bentol, gudikan, bekas jerawat ataupun cacar terutama di bagian muka, lengan, dan kaki yang bisa dilihat langsung oleh orang lain. Keadaan seperti itu sungguh sangat menyiksa batin! Contoh kasus beberapa hari belakang saya mendapatkan kutukan dari kutu kupret yang bernama keren Sarcoptes Sc…