Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Sambel Bima sing Seger Buger

Tiap daerah memang nduweni karakter dewek - dewek ora ketang wong Bima sing nduweni sejarah lan cita rasa sing luar biasa mak nyos... Kur sing ditangisi kang panganan khas daerah Bima ora nduweni promosi sing apik kang pemerintah atawa kang wong Bima dewek dadi ra seterkenal panganan kang Jawa, Minang atawa Manado. 

Pertama madang karo sambel khas Bima rasanè seger buger kaya madang karo lalaban sing seger utamanè kerna ana jeruk purut atawa jeruk nipis sing diiris tipis karo kulité. Penasaran kan? Yo wis engko tek wai resepé. 

Sambel khas Bima
Jeruk purut atawa jeruk nipis salah siji komposisi sing fardu kifayah go wong Bima tiap masakan biasanè ana jeruké. Pencen sih ya mambu jeruk nipis atawa jeruk purut nambah rasa seger. Contohé bae Enyong nginum es degan pinggir masjid agung kota Bima ya di campur irisan jeruk jan apa - apa karo jeruk terus. Tapi memang beda rasanè antara es degan biasa karo sing disogi jeruk. Kapan - kapanlah gawe es degan karo irisan jeruk. 

Jan omonganku wis adoh tekan es degan segala ya..saking girang aring kuliner Bima dadi ngalor - ngidul ora genah alias ora fokus aring sambel hehehe. Mbalek maning aring sambel jeruk Enyong nang kene arep aweh resep sing diwai kang Bu Bams (tangga kosan nang Bima).
Gawe sambel khas Bima ra akeh tetek bengek kaya sambel liannè kur cukup karo :
1. Uyah secukupé
2. Irisan jeruk purut atawa jeruk nipis (utamakan jeruk sing esih mandan enom
3. Vitsin alias pecin (nek gelem)
4. Bawang putih atawa abang diiris tipis (nek gelem)
5. Lombok secukupé
Cara gawe gampang mbanget kur uyah, karo lombok diuleg sampe alus. Uleg jeruk nipis aja sampe remuk. Campuran irisan bawang putih karo bawang merah. Jan ringkas tur penak banget ngawe sambel khas Bima. Monggo wae digawe nang pedhangané dewek - dewek.

Bima 15 Oktober 2016
14:08 WITA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Sebutan Bentuk Penis dalam Tradisi Bali

Unggahan kali ini terinspirasi dari status ataupun thread  dari seorang netizen dari dunia Twitter @Kismin666oys. Thread ini sangat menarik sekali dan isinya pun sangat jarang sekali dibahas, terlebih Indonesia negara yang agamis. Netizen ini berasal dari Bali, tahu kan Bali?! Pulau indah penuh seni, agamis dan surgawi. Selama ini saya plesiran di wilayah Indonesia hanya ada dua wilayah yang menjual dengan "pantang" kontol-kontolan alias hiasan berbentuk penis. Dua wilayah itu adalah Jogjakarta dan Bali saja, yang lainnya masih malu-malu. Dalam dunia kesehatan penis dianggap hal lumrah, namun di kalangan masyarakat awam Indonesia adalah hal tabu. Tapi tidak demikian jika kita mengorek sejarah leluhur kita, semisal saja candi Sukuh yang terkenal penggambaran betapa sucinya hubungan seksual. Pada agama leluhur yang kini masih eksis di Bali dalam beberapa kitab ada ajaran suci mengenai seksual yakni Kamasutra. Ilmu olah seksual yang diperuntukan untuk menuju kesempur

Pernah Gudikan (Scabies)

Kulit Paha Yang Terkena Gudik Pernah dapat kutukan?! Entah kutukan dari siapa juga! Kutukan paling tidak dibayangkan dengan suatu keadaan yang tidak baik terutama kulit yang menjadi rusak, bentol-bentol ataupun bernanah dan lainnya. Biasanya gambaran kutukan di sintron Indonesia seperti itu. Entah kenapa kutukan selalu menjurus ke penyakit kulit. Mungkinkah karena kulit yang langsung nampak di mata sehingga orang yang terkena "kutukan" akan dihindari orang lain?! Bisa jadi. Bagi saya dan manusia lainnya mungkin sepakat dengan apa yang saya pikirkan bahwa kulit merupakan komponen kepercayaan diri seseorang. Kepercayaan seseorang akan mundur ataupun turun ketika mendapatkan kulitnya bopeng, belang, ada jamurnya, bentol-bentol, gudikan, bekas jerawat ataupun cacar terutama di bagian muka, lengan, dan kaki yang bisa dilihat langsung oleh orang lain. Keadaan seperti itu sungguh sangat menyiksa batin! Contoh kasus beberapa hari belakang saya mendapatkan kutukan dari k