Langsung ke konten utama

Corat Coret Di Toilet - Eka Kurniawan

Filsafat Puasa: Puasa Dan Seni

Seni Islam dalam arsitektur

Setelah beberapa hari berpuasa mungkin kita menemukan beberapa fenomena, ada yang membantu, ada yang menggoda dan ada juga yang merusak nilai puasa kita. Semua itu hanya kita saja yang tahu, cuma yang sering diperdebatkan dalam puasa khususnya di Indonesia yakni banyaknya acara-acara di radio, televisi, atau media lainnya dalam rangka menyambut ramadan. Acara tersebut tentunya akan melibatkan ranah dunia seni seperti seni gambar, lukis, suara, tari yang dibalut dengan muatan agama berhubung dalam bulan ramadan. Sebenarnya agama itu dekat dengan keindahan, agama suka keindahan dan Allah suka juga dengan keindahan. Kalau dirinci cara berpikirnya seperti ini: agama itu untuk mengatur kita, mengatur hubungan dengan Allah dengan manusia, alam semesta, aturan ini jika diemplementasikan (dijalankan) atau dalam bahasa filsafat-nya "etika", aturan hubungan, aturan relasi dalam bahasa agamanya disebut ahlak. 

Kenapa sih hidup ini harus diatur? Karena hidup ini bisa terarah dengan baik sehingga menimbulkan rasa Aman, nyaman dan tentram. Nah dimensi rasa inilah yang berhubungan dengan estetika (keindahan), harmoni. Dan estetika ini wujudnya seni, itulah mengapa ajaran agama yang dibalut dengan seni akan lebih menyentuh hati. Meskipun seni terlibat dalam agama tentunya ada batas-batasnya, tidak semua jenis seni, tidak semua kemasan seni diterima begitu saja. Ada tokoh pemikir islam yakni Sayed Hussain Nasr membagi sifat dari jenis-jenis seni dalam agama diantaranya:

1. Sakral, seni yang sakral yaitu seni yang berhubungan langsung dengan praktek-praktek keagamaan seperti seni baca alquran, seni kaligrafi, biasanya bersifat baik dan tidak diragukan lagi. 

2. Profan, seni yang tidak ada sama sekali nilai sakralnya. Kita harus sangat selektif dalam menghadapi seni profan. Usahakan seni profan naik kelas menjadi seni tradisional atau seni religious. 

3. Tradisional atau religious. Jadi bentuknya mungkin seni profan tapi bentuknya atau prosesnya bersifat sakral. Wadahnya mungkin seni profan, musiknya seni profan, namun isinya, maknanya sangat sakral. 

Berikut ciri dari seni yang meningkatkan nilai spiritual dalam estetika islam yaitu:

1. Seni yang tawajjud, seni yang membawa penikmatnya pada sebuah kesadaran akan wujud, tentang hakekat, tentang wujud yang sejati yaitu Allah. Dengan seni kita sadar bahwa manusia itu lemah dan keberadaan kita tergantung pada Allah. Jika seni memiliki ciri tawajjud itu termasuk seni religious meskipun mungkin kemasan-nya profan. 

2. Tajarut, seni yang membebaskan dari hawa nafsu, dari alam benda. Jadi tajarut itu terbersihkan dari keterikatan alam benda/duniawi. Dengan sifat seni ini akan merasa bahwa dunia ini sementara, dunia ini bersifat fana. Seni ini boleh dinikmati karena masih tergolong religious

3. Tazkiatun nafs, dimana seni ini menyucikan jiwa kita, seni menghilangkan dari sifat iri dengki, sombong, takabur, tamak. 

4. Seni yang menghasilkan hikmah. Himah pada seni akan mengantarkan kita pada kearifan, pemahaman hidup yang lebih dalam (ada wawasan tentang manusia, alam dan Tuhan secara dalam).

5. Dakwah, jadi seni yang mengandung informasi, gagasan, ajaran yang berguna dan meningkatkan daya religious kita, meningkatkan keimanan, spiritual, dan keislaman. 

6. Maddah (puji-pujian), seni yang mengandung puji-pujian pada kebaikan, Allah, dan rasul.

Syeh Ruji Al Faruki menulis buku yang judulnya Seni Islam, banyak kritik yang datang pada seni Islam khusus pada penggambaran mahluk atau hal-hal yang realistik. Menurut Syeh Al Faruki bahwa seni Islam suka pada kreatifitas, inovasi, produktifitas sehingga islam tidak suka meniru. Kalau Kita menggambar manusia, jeruk, atau hewan dengan sama persis (naturalist/realist) itu masuk dalam katagori meniru. Sementara Islam lebih suka pada kreatifitas, inovasi, daya imajinasi dan tidak suka imitatif. Makanya tidak masalah jika islam melarang menggambar objek sesuai dengannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nama-nama Tai

Sega, beras yang ditanak Apa benar bahasa Jawa itu terlalu 'manut' ke bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris? Tampaknya ada benarnya juga, bahasa Jawa terpengaruh/meminjam banyak kosa kata dari bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kekurangan kosakata dalam bahasa Jawa memang kebanyakan untuk hal-hal seperti teknologi ataupun hal lainnya. Jangan berkecil hati untuk penutur bahasa Jawa di seluruh dunia! Perlu diingatkan bahasa Jawa mempunyai keunikan tersendiri, misalnya saja untuk belajar bahasa Jawa 'satu paket' atau juga keseluruhan dari bahasa kasar/ngoko, bahasa sedang/madya hingga bahasa halus/kromo, sama saja belajar tiga bahasa!! Bayangkan belajar tiga bahasa, apa gak repot ya?! Itulah keistimewaan bahasa Jawa. Bersyukur! Berbagai keistimewaan bahasa Jawa juga terdapat di istilah-istilah yang sangat detail/spesifik pada suatu beda yang mengalami sebuah perubahan sedikit maupun perubahan besar. Misalnya saja untuk rangkaian nama dari sebuah padi/po

Mengenal Tanaman Kangkung Bandung (Kangkung Pagar)

Kangkung Bandung, sudah tahu tanaman ini? Menurut buku  biologi tanaman ini berasal dari Amerika Latin (Colombia, Costa Rica). Ciri tanaaman ini tumbuh tidak terlalu tinggi cuma sekitar satu meter sampai dua meter maksimal tumbuhnya. Kangkung Bandung tidak bisa dimakan layaknya kangkung rabut atau kangkung yang ditanam di atas air. Bentuk daun menyerupai kangkung yang bisa dimasak (bentuk hati) begitu juga dengan bentuk bunganya. Bunganya berbentuk terompet berwarna ungu muda terkadang juga ada yang berwarna putih. Batang Kangkung Bandung cukup kuat sehingga memerlukan tenaga cukup untuk memotongnya (tanpa alat).  Tanaman Kangkung Bandung Sebagai Patok Alami Pematang Sawah Fungsi dan manfaat Kangkung Bandung sendiri belum diketahui banyak, beberapa sumber mengatakan tanaman ini bisa dijadikan obat dan dijadikan kertas. Pada umumnya masyarakat desa menjadikan Kangkung Bandung sebagai tanaman untuk ciri (patok) batas antar pemantang sawah. Daya tumbuh tanaman ini cukup baik d

Menegang dan Mengeras Oleh Nyai Gowok

Ah...sialan! Padahal aku sudah kenal buku ini sejak Jakarta Islamic Book Fair tahun 2014 lalu! Menyesal-menyesal gak beli saat itu, kupikir buku itu akan sehambar novel-novel dijual murah. Ternyata aku salah, kenapa mesti sekarang untuk meneggang dan mengeras bersama Nyai Gowok. Dari cover buku saya sedikit kenal dengan buku tersebut, bang terpampang di Gramedia, Gunung Agung, lapak buku di Blok M dan masih banyak tempat lainnya termasuk di Jakarta Islamic Book Fair. Kala itu aku lebih memilih Juragan Teh milik Hella S Hasse dan beberapa buku agama, yah begitulah segala sesuatu memerlukan waktu yang tepat agar maknyus dengan enak. Judul Nyai Gowok dan segala isinya saya peroleh dari podcast favorit (Kepo Buku) dengan pembawa acara Bang Rame, Steven dan Mas Toto. Dari podcast mereka saya menjadi tahu Nyai Gowok dan isi alur cerita yang membuat beberapa organ aktif menjadi keras dan tegang, ah begitulah Nyi Gowok. Jujur saja ini novel kamasutra pertama yang saya baca, sebelumnya tidak pe